Penerapan pendekatan kontekstual materi mengubah pecahan ke bentuk lain pada siswa kelas V SDN Dukuharum Kabupaten Jombang / Silviana Mirani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontekstual materi mengubah pecahan ke bentuk lain pada siswa kelas V SDN Dukuharum Kabupaten Jombang / Silviana Mirani

Mirani, Silviana (2014) Penerapan pendekatan kontekstual materi mengubah pecahan ke bentuk lain pada siswa kelas V SDN Dukuharum Kabupaten Jombang / Silviana Mirani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mirani Silviana. 2014. Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Mengubah Pecahan ke Bentuk Lain pada Siswa Kelas V SDN Dukuharum Kabupaten Jombang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd (II) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd Kata Kunci Pendekatan Kontekstual Mengubah Pecahan ke Bentuk Lain. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan peneliti pada observasi awal ditemukan fakta bahwa pembelajaran matematika di kelas V SDN Dukuaharum masih didominasi dengan penjelasan materi dari guru. Guru kurang mengaitkan isi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Sedangkan aktivitas siswa hanya mendengarkan penjelasan materi dan mengerjakan latihan soal. Pembelajaran yang tidak memberikan makna tersebut mengakibatkan siswa kurang berpengalaman dalam menyelesaikan masalah kontekstual. Pendekatan kontekstual merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut agar proses pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika (2) aktivitas siswa saat diterapkan pendekatan kontekstual dan (3) hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan kontekstual. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi soal tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN Dukuharum Kabupaten Jombang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penerapan kontekstual pada materi mengubah pecahan ke bentuk lain pada siswa kelas V di SDN Dukuharum Kabupaten Jombang sebagai berikut (1) guru telah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual sebesar 86 37% siklus I dan siklus II sebesar 94 32% (2) nilai aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan siklus I sebesar 78 53 dan meningkat menjadi 86 59 pada siklus II (3) rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat nilai rata-rata pada siklus I sebesar 82 09 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88 64% nilai rata-rata meningkat menjadi 84 09 pada siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88 63%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Dukuharum pada materi mengubah pecahan ke bentuk lain. Oleh karena itu disarankan kepada guru untuk menerapkan pendekatan kontekstual pada saat pembelajaran matematika karena pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dibuktikan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104968

Actions (login required)

View Item View Item