Peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) kelas IV SDN Genengan 02 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Eka Ajeng Prastiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) kelas IV SDN Genengan 02 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Eka Ajeng Prastiwi

Prastiwi, Eka Ajeng (2014) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) kelas IV SDN Genengan 02 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar / Eka Ajeng Prastiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prastiwi Eka Ajeng. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Kelas IV SDN Genengan 02 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd Kata Kunci Membaca pemahaman model pembelajaran TPS 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan karena dalam kegiatan pembelajaran membaca pemahaman di kelas IV SDN Genengan 02 Kecamatan Doko mengalami beberapa permasalahan yaitu interaksi kelas kurang optimal distribusi kemampuan kurang merata minat baca rendah dan siswa kurang aktif selama pembelajaran. Sedangkan menurut siswa adalah pembelajaran yang membosankan karena bersifat klasikal dan tidak ada tindak lanjut dari guru. Sehingga tujuan membaca pemahaman belum dapat tercapai dan banyak siswa yang belum tuntas karena mendapat nilai di bawah KKM. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan model pembelajaran yang inovatif seperti halnya model pembelajaran TPS ini. Dengan menggunakan model pembelajaran TPS diharapkan kegiatan siswa lebih aktif dan antusias dan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. 12288 12288 12288 12288 Metode penelitian yang digunakan melalui jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Siklus I dengan dua kali pertemuan dan siklus II dengan satu kali pertemuan yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Genengan 02 Kecamatan Doko Blitar. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data meliputi observasi wawancara dokumentasi catatan lapangan dan tes. Sedangkan proses penganalisisan data ini berpedoman pada langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktifitas dan antusias siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata persentase keaktifan kelas yaitu pada siklus I sebesar 71% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 89%. Dengan model pembelajaran TPS ini kemampuan membaca pemahaman siswa juga meningkat hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata persentase ketuntasan belajar kelas dari kegiatan pratindakan 61% siklus I menjadi 74 % dan siklus II menjadi 94%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS dapat membantu siswa untuk lebih senang aktif dan antusias selama pembelajaran berlangsung. Sehingga siswa lebih mudah memahami bacaan untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam bacaan. Untuk itu diharapkan guru selalu menggunakan model pembelajaran yang inovatif karena akan menarik minat siswa untuk belajar. Utamanya dalam membaca pemahaman sebagai salah satu alternatifnya guru dapat menggunakan model pembelajaran TPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104966

Actions (login required)

View Item View Item