pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash player pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran daran manusia untuk kelas V SDN Saptorenggo 1 Malang / Choridatus Sa'diyah - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash player pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran daran manusia untuk kelas V SDN Saptorenggo 1 Malang / Choridatus Sa'diyah

Sa'diyah, Choridatus (2014) pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis flash player pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran daran manusia untuk kelas V SDN Saptorenggo 1 Malang / Choridatus Sa'diyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sa diyah Choridatus. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Player pada Mata Pelajaran IPA Materi Sistem Peredaran Darah Manusia untuk Kelas V SDN Saptorenggo 1 Malang. Skripsi Prodi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan PraSekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Sukamti M.Pd (II) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd Kata Kunci Media Interaktif Flash Player Kelas V SD Media pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam pembelajaran karena dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari serta dapat memberikan stimulus bagi siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Saptorenggo1 ditemukan fakta bahwa pada pembelajaran IPA media yang digunakan hanya terbatas pada gambar-gambar yang ada didalam buku. Serta masih kurangnya pemanfaatan teknologi yang dimiliki dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis flash player yang disertai petunjuk penggunaan dan rancangan pelaksanaan pembelajarannya. Serta juga dimaksudkan untuk menguji tingkat kevalidan media yang sedang dikembangkan dan menguji tingkat keefektifannya terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah pada manusia. Model yang digunakan dalam penelitian ini merupakan modifikasi dari model penelitian pengembangan Borg n Gall. Tahap pengembangan hanya dilakukan hingga tahap uji coba kelompok kecil. Validasi media dilakukan oleh 2 orang dosen IPA KSDP 2 orang dosen media pembelajaran seorang guru SD kelas V SDN Saptorenggo 1 serta uji coba kelompok kecil pada 10 siswa kelas V SDN Saptorenggo 1. Instrumen pengumpulan datanya adalah angket dengan format rating scale dan soal pre-test post-test. Data yang diperoleh berupa data numerik dan verbal. Hasil pengembangan berupa media interaktif berbasis flash player pada IPA materi sistem peredaran drah manusia yang dikemas dalam bentuk CD. Validasi oleh ahli materi IPA mendapat hasil sebesar 92 5% 83% oleh ahli media 94% oleh ahli lapangan (guru). Uji coba kelompok kecil terhadap 10 siswa kelas V SD mendapat hasil sebesar 84%. Dalam pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis flash player pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia untuk kelas V SDN Saptorenggo 1 termasuk kualifikasi sangat valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran karena media interaktif berbasis flash player tersebut efektif untuk mengajarkan materi yang sifatnya aplikatif berproses dan sulit dijangkau. Disarankan bagi pengembang berikutnya untuk mengembangkan media serupa tetapi dengan materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104964

Actions (login required)

View Item View Item