Peningkatan kemampuan menyelesaikan tugas secara mandiri melalui pembelajaran terprogram mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Panjerejo Tulungagung / Any Krisnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menyelesaikan tugas secara mandiri melalui pembelajaran terprogram mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Panjerejo Tulungagung / Any Krisnawati

Krisnawati, Any (2014) Peningkatan kemampuan menyelesaikan tugas secara mandiri melalui pembelajaran terprogram mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 1 Panjerejo Tulungagung / Any Krisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Krisnawati Any. 2014. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Tugas Secara Mandiri Melalui Pembelajaran Terprogram Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Panjerejo Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wasih DS M.Pd (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata kunci IPA mandiri pembelajaran terprogram 12288 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran IPA hendaknya dilaksanakan dengan cara menumbuhkan kemampuan berpikir bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Berdasarkan observasi yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Panjerejo Tulungagung diketahui adanya permasalahan dalam kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugasnya. siswa cenderung kurang aktif dalam mencari sumber informasi lain yang sesuai dengan materi yang dipelajari selain buku paket dari sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugasnya secara mandiri melalui pembelajaran terprogram. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV SDN 1 Panjerejo Tulungagung dengan jumlah 14 siswa. Instrumen pengumpulan data menggu-nakan lembar observasi. Analisis data kualitatif dilakukan setelah pemberian tindakan pada setiap siklus yang telah dilakukan.Pelaksanaan pembelajaran pratindakan dilakukan dengan metode konvensional namun pada kenyataannya siswa menjadi kurang mandiri dalam menyelesaikan tugasnya dan kurang aktif dalam mencari sumber informasi lain selain buku paket dari sekolah. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa pada pratindakan diperoleh hasil 5 siswa mendapat kriteria Cukup Mandiri 4 siswa mendapat kriteria Kurang Mandiri dan 5 siswa mendapat kriteria Tidak Mandiri . Pada siklus I terdapat 3 siswa mendapat kriteria Mandiri 7 siswa mendapat kriteria Cukup Mandiri dan 4 siswa mendapat kriteria Kurang Mandiri . Pada siklus II terdapat 1 siswa mendapat kriteria Sangat Mandiri 8 siswa mendapat kriteria Mandiri dan 5 siswa mendapat kriteria Cukup Mandiri dan tidak ditemukan lagi siswa yang mendapat kriteria Kurang Mandiri . Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terprogram mampu meningkatkan kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugasnya secara mandiri. Kemandirian siswa dapat ditingkatkan dengan metode pembelajaran yang tepat contohnya melalui pembelajaran terprogram. Pembelajaran terprogram hendaknya dilkukan secara kontinyu agar kemandirian siswa dapat ditingkatkan dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104961

Actions (login required)

View Item View Item