Pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas V SDN segugus V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Pandu Atma Dharajati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas V SDN segugus V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Pandu Atma Dharajati

Dharajati, Pandu Atma (2014) Pengaruh lingkungan keluarga dan ketersediaan sumber belajar di rumah terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas V SDN segugus V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Pandu Atma Dharajati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dharajati Pandu Atma. 2014. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Ketersediaan Sumber Belajar di Rumah Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Segugus V Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan S1 PGSD KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sutarno M.Pd (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci lingkungan keluarga ketersediaan sumber belajar di rumah motivasi prestasi belajar dan path analysis Berdasarkan hasil observasi peneliti memperoleh data prestasi belajar yang rendah sebagai indikasi bahwa pencapaian belajar peserta didik pada beberapa mata pelajaran belum optimal. Keberhasilan belajar dipengaruhi oleh dua faktor diantaranya (1) faktor intern yaitu motivasi yang dimiliki oleh peserta didik dalam setiap kegiatan pembelajaran dan (2) faktor ekstern yaitu keluarga ketersediaan sumber belajar di rumah dan motivasi belajar. Setiap keluarga mempunyai spesifikasi dalam mendidik. Dalam penelitian ini cara mendidik anak terbagi menjadi tiga yaitu otoriter demokratis dan permisif. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan besarnya korelasi dan besarnya pengaruh antar variabel baik secara parsial maupun simultan. Variabel tersebut terdiri dari lingkungan keluarga (X1) ketersediaan sumber belajar (X2) motivasi belajar (Y) dan prestasi belajar (Z). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian non eksperimen dilanjutkan analisis korelasi regresi dan path analysis. Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket (kuisioner) dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda. Untuk pengujian instrumen dilakukan validasi dan reliabilitas data per item. Langkah pengolahan data dimulai dari menyeleksi data menentukan nilai analisis deskriptif uji korelasi regresi dan path analysis. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan SPSS versi 16 diperoleh delapan simpulan hasil penelitian sebagai berikut (1) X1 yang diukur oleh X2 memiliki hubungan yang rendah sebesar 10 69% (2) X1 yang diukur oleh Y memiliki pengaruh langsung yang signifikan sebesar 8 29% (3) X2 yang diukur oleh Y memiliki pengaruh langsung yang signifikan sebesar 17 87% (4) secara simultan X1 dan X2 berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Y sebesar 34 3% (5) pengaruh X2 yang secara tidak langsung terhadap Y sebesar 0 82% (6) pengaruh X1 yang secara langsung terhadap Z sebesar 0 0169% (7) pengaruh X2 yang secara langsung terhadap Z sebesar 2 56% dan (8) secara simultan X1 dan X2 berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Z melalui Y sebesar 1 9%. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu (1) kepala sekolah dan guru untuk memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar serta memahami karakteristik peserta didik (2) orang tua sebaiknya bersikap arif dan bijaksana dalam mendidik anak (3) peneliti lain sebaiknya mengembangkan variabel lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104950

Actions (login required)

View Item View Item