Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Sukun 01 Kota Malang / Irawati Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Sukun 01 Kota Malang / Irawati Rahayu

Rahayu, Irawati (2014) Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Sukun 01 Kota Malang / Irawati Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Sukun 01 Kota Malang. Skripsi Program S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs.Imam Nawawi M.Si (II) Dra.Murtiningsih M.Pd Kata Kunci Model Role Playing Aktivitas Hasil Belajar IPS SD. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Sukun 01 diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS di kelas IV. Permasalahan tersebut antara lain (1) terjadi kebosanan pada siswa saat pembelajaran berlangsung hal tersebut menandakan lemahnya aktivitas belajar siswa (2) rendahnya tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran (3) iklim pembelajaran masih bersifat teacher centered. Hal tersebut disebabkan karena metode yang digunakan lebih banyak ceramah. Untuk itu perlu diadakan pembaharuan dalam hal metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang diharapkan adalah model Role Playing yaitu model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Role Playing pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Sukun 01 (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan model Role Playing (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Role Playing. 12288 12288 12288 12288 Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan dan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subyek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SDN Sukun 01 Kota Malang dengan jumlah siswa 31 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara dan tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing pada Pembelajaran IPS telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukun 01. Hal ini dilihat dari perolehan observasi tentang aktivitas siswa serta rata-rata postes yang terus meningkat. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus II yang paling tampak yaitu sebagian besar siswa sudah berani bertanya/menjawab serta melaporkan hasil diskusi. Hasil belajar siswa terus meningkat mulai dari rata-rata sebelumnya (71 61) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata kelas sebesar (73 88) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu (55 17%) meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelasnya sebesar (85 40) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (82 76%). Disarankan untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kelemahan- kelemahan yang ada sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104945

Actions (login required)

View Item View Item