Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas III SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Syarif Mohamad Agung Yuhana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas III SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Syarif Mohamad Agung Yuhana

Yuhana, Syarif Mohamad Agung (2014) Peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan media boneka tangan pada siswa kelas III SDN Lowokwaru 5 Kota Malang / Syarif Mohamad Agung Yuhana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mohamad Agung Yuhana Syarif . 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Media Boneka Tangan pada Siswa Kelas III SDN Lowokwaru 5 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Rumidjan M.Pd. (2) Drs. Toha A. R. S.Pd. M.Pd Kata Kunci Keterampilan berbicara aktivitas boneka tangan Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di kelas III SDN Lowokwaru 5 Kota Malang pada waktu pembelajaran Bahasa Indonesia didapatkan fakta bahwa siswa kurang tertarik pada pembelajaran siswa terlihat pasif merasa bosan selama pembelajaran dan rendahnya keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran jarang menggunakan media pembelajaran pembelajaran bersifat teacher centered dan guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga guru berperan aktif selama pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media berupa boneka tangan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penggunaan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. (2) mendiskripsikan penggunaan media boneka tangan untuk meningkatkan akitivitas belajar siswa. (3) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Lowokwaru 5 Kota Malang melalui penggunaan media boneka tangan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Lowokwaru 5 Kota Malang yang berjumlah 41 siswa dengan prosedur (1) perencanaan (2) tindakan dan observasi (3) refleksi (4) perbaikan rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan boneka tangan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Lowokwaru 5 Kota Malang hal ini ditandai dengan peningkatan rata rata aktivitas siswa dari siklus I dengan nilai rata-rata siswa kelas III 57 85 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa kelas III 73 98 (2) penggunaan boneka tangan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Lowokwaru 5 Kota Malang hal ini ditandai dengan peningkatan keterampilan berbicara meliputi vokal tekanan keberanian kelancaran pandangan mata dan gerak-gerik atau mimik dari kegiatan pra tindakan siklus I dan siklus II yaitu nilai rata-rata kelas pra tindakan 57 32 dengan ketuntasan belajar siswa kelas III 29 27% meningkat menjadi nilai rata-rata kelas siklus I 66 12 dengan ketuntasan belajar 60 97% dan pada siklus II menjadi 79 67 dengan ketuntasan belajar 80 48%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan menggunakan boneka tangan sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Lowokwaru 5 Kota Malang. Guru diharapkan mampu menciptakan suatu variasi pembelajaran untuk memaksimalkan aktivitas pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104943

Actions (login required)

View Item View Item