Hidayah, Heni Nurul (2014) Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III pada materi gerak benda di SDN Sidokepung I Sidoarjo / Heni Nurul Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hidayah Heni Nurul. 2014. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas III pada Materi Gerak Benda di SDN Sidokepung I Sidoarjo. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd (II) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata Kunci model inkuiri terbimbing aktivitas dan hasil belajar Pembelajaran IPA di SD memberikan pengalaman langsung kepada siswa dengan menemukan pengetahuannya sendiri. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam menggali pengetahuan masih kurang sehingga aktivitas siswa yang kurang mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh di bawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Berdasarkan dokumentasi hasil belajar 8 siswa (30 77%) dari 26 siswa memperoleh nilai di atas KKM sedangkan 18 siswa (69 23%) memperoleh nilai di bawah KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model inkuiri terbimbing pada materi gerak benda di kelas III SDN Sidokepung I Sidoarjo mendeskripsikan aktivitas siswa selama penerapan model inkuiri terbimbing dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data tentang penerapan model inkuiri terbimbing aktivitas belajar siswa selama penerapan model inkuiri terbimbing dan hasil belajar siswa setelah penerapan model inkuiri terbimbing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama penerapan model inkuiri terbimbing ini siswa dapat mengajukan hipotesis mengumpulkan data menguji hipotesis serta merumuskan kesimpulan dengan tepat. Hasil belajar siswa setelah diterapkan model inkuiri terbimbing meningkat. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 72 69 dan pada siklus II meningkat menjadi 83 58. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing pada materi gerak benda dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Sidokepung I Sidoarjo. Untuk itu disarankan agar guru dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model inkuiri terbimbing sebagai alternatif pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 May 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104941 |
Actions (login required)
View Item |