Penerapan teknik pembelajaran icebreaker untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V-A SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Nurun Okvinandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik pembelajaran icebreaker untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V-A SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Nurun Okvinandari

Okvinandari, Nurun (2014) Penerapan teknik pembelajaran icebreaker untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V-A SDN Kedungkandang 2 Kota Malang / Nurun Okvinandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Okvinandari Nurun. 2014. Penerapan Teknik Pembelajaran Icebreaker untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V-A SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. Skripsi Prodi PGSD. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Kependidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs Imam Nawawi M Si (2) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata Kunci aktivitas belajar hasil belajar Teknik Icebreaker IPS SD Sebagai mata pelajaran wajib IPS bertujuan untuk membina siswa menjadi warga negara yang baik memiliki pengetahuan keterampilan dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya serta masyarakat dan negara. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam pembelajaran guru hendaknya menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif inspiratif menyenangkan menantang dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang gerak yang cukup bagi siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar siswa masih rendah (2) rata-rata nilai aktivitas belajar 67 71 dan hasil belajar 72 40 kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (3) pengajaran yang dilakukan kurang bervariasi (4) persepsi siswa yang mengatakan IPS sebagai mata pelajaran membosankan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan teknik pembelajaran icebreaker untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Penelitian dilaksanakan di kelas V-A SDN Kedungkandang 2 Kota Malang. Pendekatan yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart. Pembahasan penelitian fokus pada icebreaker jenis tepuk tangan gerak tubuh yel-yel lagu dan permainan. Icebreaker digunakan sebagai teknik pembelajaran untuk menciptakan suatu variasi yang diberikan pada awal inti akhir dan spontan dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 70 31 dengan siswa tuntas sebanyak 14 (54 69%) dan pada siklus II diperoleh rata-rata 86 dengan siswa tuntas sebanyak 24 (96%). Sedangkan rata-rata hasil belajar siklus I menunjukkan nilai 80 62 dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 19 (74 31%). Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata menunjukkan 82 3 dengan siswa lulus sebanyak 20 (80%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan icebreaker pada awal pembelajaran berupa lagu maju tak gentar membuat janji dan kupon undian. Pada inti pembelajaran berupa topi mesin waktu gulungan rahasia lagu organisasi bentukan Jepang . Dan di akhir pembelajaran terdapat gerak prestasi dan gerak konduktor. Sedangkan secara spontan digunakan yel-yel. Teknik pembelajaran tersebut dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Adapun saran dari peneliti untuk mengembangkan icebreaker jenis lain pada pembelajaran atau pada mata pelajaran lain dengan lebih kreatif dan inovatif menyesuaikan icebreaker sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa. Serta melakukan perencanaan dan refleksi untuk perbaikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104931

Actions (login required)

View Item View Item