Pembentukan sikap sosial siswa kelas V dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SDN 2 Siliragung Banyuwangi / Ajeng Azwarani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembentukan sikap sosial siswa kelas V dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SDN 2 Siliragung Banyuwangi / Ajeng Azwarani

Azwarani, Ajeng (2014) Pembentukan sikap sosial siswa kelas V dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SDN 2 Siliragung Banyuwangi / Ajeng Azwarani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembentukan Sikap Sosial Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SDN Siliragung 2 Banyuwangi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M Pd. (II) Drs. Goenawan Roebyanto M Pd. Kata Kunci Sikap Sosial Operasi Hitung Pecahan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran matematika kelas V di SDN Siliragung 2 Banyuwangi ditemukan fakta bahwa dalam proses pembelajaran guru mengawalinya dengan menjelaskan materi tentang operasi hitung penjumlahan pecahan kemudian guru memberikan beberapa contoh soal dan cara penyelesaiannya. Setelah diperkirakan siswa paham mengenai materi yang baru saja dijelaskan guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh siswa. Guru menyuruh siswa untuk mengerjakan soal yang telah disediakan di papan tulis dan memberikan hadiah kepada siswa yang paling cepat menyelesaikan soal yang diberikan. Tindakan guru tersebut yang menyebabkan sebagian besar siswa memiliki sikap individualisme yang tinggi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk sikap sosial siswa kelas V dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan model siklus Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap rencana tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pada materi operasi hitung pecahan dengan subjek penelitian yaitu kelas V SDN Siliragung 2 sebanyak 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam materi operasi hitung pecahan dapat membentuk sikap sosial siswa. Sikap sosial yang terbentuk yaitu sikap mau menerima pembagian kelompok setuju dengan pembagian topik belajar reaktifitas untuk bergabung dengan anggota kelompok reaktifitas untuk mengerjakan tugas kelompok tanggung jawab kerjasama membantu teman dalam kelompok menghargai teman dan ketahanan bekerja dalam kelompok. Melalui analisis data dapat disimpukan bahwa penerapan model kooperatif tipe jigsaw dapat membentuk sikap sosial siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas V SDN Siliragung 2 Banyuwangi. Disarankan untuk peneliti selanjutnya maupun guru kelas V hendaknya melakukan setiap langkah dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan benar agar tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104929

Actions (login required)

View Item View Item