Penggunaan media Computer Assisted Instruction (CAI) untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas 5 SDN Sidomulyo 4 Kabupaten Lumajang / Haris Franata - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media Computer Assisted Instruction (CAI) untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas 5 SDN Sidomulyo 4 Kabupaten Lumajang / Haris Franata

Franata, Haris (2014) Penggunaan media Computer Assisted Instruction (CAI) untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas 5 SDN Sidomulyo 4 Kabupaten Lumajang / Haris Franata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Franata Haris. 2014. Penggunaan Media Computer Assisted Instruction (CAI) untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita pada Siswa Kelas V SDN Sidomulyo 4 Kabupaten Lumajang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Rumidjan M.Pd (2) Dra. Ratna Trieka Agustina S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media CAI Keterampilan menyimak Cerita SD Berdasarkan hasil pembelajaran pra tindakan menunjukkan bahwa tingkat keterampilan menyimak cerita siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain siswa kurang berminat terhadap pembelajaran menyimak cerita karena dianggap sebagai pelajaran yang membosankan dan kurang menarik siswa mengalami kesulitan dalam menceritakan kembali isi cerita pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan cara membacakan cerita hanya sebatas yang ada pada buku paket Bahasa Indonesia. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu tentang 1) bagaimanakah penggunaan media CAI dan 2) Bagaimana peningkatan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Sidomulyo 4 Kabupaten Lumajang dengan menggunakan media CAI. Pendekatan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Data dikumpulkan dengan 5 teknik yaitu (1) Observasi (2) Wawancara (3) Tes (4) Dokumentasi (5) Catatan Lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 13 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2013/2014. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga cara yaitu reduksi data penyajian data dan penyimpulan data. Pelaksanaan pembelajaran menyimak cerita menggunakan media CAI dengan menyajikan video cerita membuat siswa menjadi antusias dalam belajar suasana pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa lebih berkonsentrasi dalam menyimak cerita. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata nilai aktivitas siswa dalam menyimak cerita mencapai 72 88 dengan kriteria baik. Sedangkan rata-rata nilai keterampilan menyimak cerita siswa pada penelitian ini mencapai 73 84 dengan kriteria baik. Kesimpulan dari penelitian yaitu bahwa penggunaan media CAI dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V SDN Sidomulyo 4 Kabupaten Lumajang. Disarankan bahwa dalam pembelajaran menyimak guru kelas V SDN Sidomulyo 4 Kabupaten Lumajang hendaknya menggunakan media CAI . Bagi peneliti lanjut hendaknya menggunakan media yang variatif dan menarik sebagai materi menyimak bagi siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104928

Actions (login required)

View Item View Item