Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui pendekatan proses menulis pada siswa kelas III SDN Japanan I Kabupaten Jombang / Septyarini Maulida - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui pendekatan proses menulis pada siswa kelas III SDN Japanan I Kabupaten Jombang / Septyarini Maulida

Maulida, Septyarini (2014) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui pendekatan proses menulis pada siswa kelas III SDN Japanan I Kabupaten Jombang / Septyarini Maulida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas III SDN Japanan I Kabupaten Jombang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Rumidjan M. Pd (II) Dra. Ratna Trieka Agustina M. Pd. Kata Kunci Pendekatan Proses Menulis Keterampilan Menulis Karangan Narasi SD. Berdasarkan hasil observasi di kelas III SDN Japanan I Kabupaten Jombang menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis narasi. Kesulitan-kesulitan yang ditemui saat observasi antara lain (1) kesulitan menuangkan ide menjadi sebuah tulisan (2) kesulitan menghubungkan kejadian satu dengan kejadian lain menjadi cerita yang runtut dan (3) kurangnya penguasaan siswa terhadap penggunaan EYD. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan proses menulis dapat meningkatan keterampilan menulis karangan narasi siswa. Kemudian bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan narasi setelah diterapkan pendekatan proses menulis. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan perlakuan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksankan dalam 2 siklus pada materi menulis karangan narasi dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Japanan I Kabupaten Jombang yang berjumlah 20 anak. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi dokumentasi pedoman penilaian dan catatan lapangan. Pada penelitian ini ditemukan bahwa (1) siswa lebih antusias dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pembelajaran karena disediakan media gambar (2) Interaksi dengan teman mulai meningkat dengan diiringi meningkatnya keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan ketika mengalami kesulitan dan (3) siswa dengan berani dan percaya diri membacakan hasil karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai penerapan pendekatan proses menulis untuk nilai rata-rata kelas hasil observasi tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan proses menulis mengalami peningkatan sebesar 29 98%. Hasil menulis karangan narasi siswa juga mengalami peningkatan sebesar 22 67%. Berdasarkan uraian di atas peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa penerapan pendekatan proses menulis dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN Japanan I Kabupaten Jombang. Peneliti juga memberikan saran agar pendekatan ini dapat dipertimbangkan untuk diterapkan pada pembelajaran menulis bahasa Indonesia sebagai salah satu alternatif dalam menggunakan pendekatan yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104925

Actions (login required)

View Item View Item