Pemanfaatan media wayang kartun binatang untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa memahami isi dongeng pada siswa kelas 2 di SDN Grobogan 02 Kabupaten Jombang / Iin Zahrotu Zuhro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media wayang kartun binatang untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa memahami isi dongeng pada siswa kelas 2 di SDN Grobogan 02 Kabupaten Jombang / Iin Zahrotu Zuhro

Zuhro, Iin Zahrotu (2014) Pemanfaatan media wayang kartun binatang untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa memahami isi dongeng pada siswa kelas 2 di SDN Grobogan 02 Kabupaten Jombang / Iin Zahrotu Zuhro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zuhro Iin Zahrotu. 2014. Pemanfaatan Media Wayang Kartun Binatang Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Memahami Isi Dongeng Di Kelas II SDN Grobogan 02 Kabupaten Jombang. Skripsi S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan PraSekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Rumidjan M.Pd (II) Drs. M. Thoha A.R S.Pd M.Pd Kata Kunci pemanfaatan media wayang kemampuan memahami isi dongeng SD 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa kelas II SDN Grobogan 02 dalam memahami isi dongeng. Masalah tersebut disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran dan guru kurang kreatif dalam membuat media pembelajaran sendiri dari bahan yang mudah dijumpai di lingkungan sekitar dengan tema permainan tradisional atau kebudayaan sekitar yang dikenal dan digemari oleh siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami isi dongeng di kelas II SDN Grobogan 02 Jombang yang ditandai dengan pembelajaran yang memanfaatkan media wayang kartun binatang memberikan kesempatan siswa lebih aktif menumbuhkan kreatifitas siswa dan menyenangkan. 12288 12288 12288 12288 Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memanfaatkan media wayang kartun binatang. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi wawancara dokumentasi dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengamati perilaku siswa saat pembelajaran memahami isi dongeng. Teknik wawancara digunakan untuk mengetahui kesan-kesan dan perasaan siswa ketika belajar memahami isi dongeng dengan memanfaatkan media wayang kartun binatang. Teknik dokumentasi digunakan untuk mendokumentasikan data tentang proses pembelajaran yang menggambarkan langkah-langkah kongkrit yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran. Sedangkan tes digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa menyimak dongeng. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil memahami isi dongeng oleh siswa padas iklus I tentang tokoh cerita mendapat rata-rata 67 watak cerita mendapat rata-rata 58 latar cerita mendapat rata-rata 60 dan amanat cerita mendapat rata-rata 38 5. Padasiklus II tokoh cerita mendapat rata-rata 70 watak cerita mendapat rata-rata 60 5 latar cerita mendapat rata-rata 69 5 dan amanat cerita mendapat rata-rata 48 5. Dengan demikian pemberian tindakan pada siklus I dan II sudah ada peningkatan. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini adalah wayang kartun binatang dapat digunakan sebagai media belajar menyimak memahami isi dongeng siswa kelas II sehingga dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar memahami isi dongeng siswa kelas II dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104924

Actions (login required)

View Item View Item