Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model kooperatif tipe round table pada siswa kelas IV SDN Sumberagung 03 Kabupaten Blitar / Elva Rafika Yuniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model kooperatif tipe round table pada siswa kelas IV SDN Sumberagung 03 Kabupaten Blitar / Elva Rafika Yuniati

Yuniati, Elva Rafika (2014) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model kooperatif tipe round table pada siswa kelas IV SDN Sumberagung 03 Kabupaten Blitar / Elva Rafika Yuniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Yuniati Elva Rafika. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table Pada Siswa Kelas IV SDN Sumberagung 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Alif Mudiono M.Pd (II) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd Kata kunci Round Table deskripsi menulis. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi di kelas IV SDN Sumberagung 03 yang menunjukkan bahwa tingkat kemampuan siswa dalam menulis deskripsi masih kurang berkembang. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa dari 19 siswa kelas IV 11 atau 57 89% siswa belum memenuhi kriteria keberhasilan belajar yang telah ditetapkan yaitu 65 dan 8 atau 42 11% siswa sudah memenuhi kriteria keberhasilan belajar. Hal ini dikarenakan siswa kesulitan dalam menuangkan ide pikiran perasaan informasi dan gagasan secara tertulis. Untuk dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe Round Table. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penerapan model kooperatif tipe round table dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas IV SDN Sumberagung 03 Kabupaten Blitar (2) Apakah pembelajaran model kooperatif tipe round table dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Sumberagung 03 Kabupaten Blitar Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah 19 siswa kelas IV SDN Sumberagung 03. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi lembar tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data secara kualitatif. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan penelitian meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap hasil menulis deskripsi siswa meningkat dari pra tindakan terdapat 42 11% siswa yang tuntas siklus I pertemuan 1 terdapat 57 89% siswa yang tuntas belajar siklus I pertemuan 2 terdapat 63 16% siklus II pertemuan 1 terdapat 73 68 dan pada siklus II pertemuan 2 menjadi 84 21% siswa yang tuntas belajar dari jumlah 19 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar guru menerapkan model kooperatif tipe round table ini untuk materi pelajaran lain agar siswa senang dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104922

Actions (login required)

View Item View Item