Analsisis hasil karangan siswa kelas IV berdasarkan aspek kebahasaan di SDN Sukorejo Kulon 2 Kanupaten Tulungagung / Siti Nur Lathifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analsisis hasil karangan siswa kelas IV berdasarkan aspek kebahasaan di SDN Sukorejo Kulon 2 Kanupaten Tulungagung / Siti Nur Lathifah

Lathifah, Siti Nur (2014) Analsisis hasil karangan siswa kelas IV berdasarkan aspek kebahasaan di SDN Sukorejo Kulon 2 Kanupaten Tulungagung / Siti Nur Lathifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lathifah Siti Nur. 2014. Analisis Hasil Karang Siswa Kelas IV Berdasarkan Aspek Kebahasaan di SDN Sukorejo Kulon 2 Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Pembimbing (1) Dr. H. Alif Mudiono M. Pd (2) Drs. Sunyoto S. Pd M. Si. Kata Kunci analisis kesalahan hasil karangan aspek kebahasaan Berdasarkan observasi pendahuluan di kelas IV SDN Sukorejo Kulon 2 Kabupaten Tulungagung dijumpai kesalahan-kesalahan dalam menggunakan ejaan yang disempurnakan serta pemilihan kata dan ketidaksesuaian tema dengan isi karangan. Kesalahan-kesalahan tersebut terjadi karena siswa tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan sehingga siswa lupa menggunakan ejaan ketika menulis karangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apa dan bagaimana bentuk kesalahan dalam menggunakan ejaan kesalahan dalam memilih kata kesalahan dalam pengembangan paragraf serta kesalahan dalam tata kalimat dan faktor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi yaitu penelitian yang berorientasi pada pengalaman subjektif atau pengalaman yang mengungkap fenomena khusus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukorejo Kulon 2 yang berjumlah 10 siswa dan 1 orang guru kelas IV. Teknik yang digunakan yakni teknik angket wawancara dokumentasi berupa lembar tugas tugas mengarang. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis data kualitatif yaitu mengorganisasikan data mengelompokkan menjadi satuan-satuan mensitesis mencari dan menemukan pola menemukan apa yang penting dan memutuskan apa yang dapat dilaporkan kepada orang lain. Kemudian disajikan dalam bentuk naratif dan tabel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 100% siswa dengan jumlah 10 siswa mengalami kesalahan dalam karangannya. Jumlah seluruh kesalahan yang terjadi sebanyak 460 kesalahan. Kesalahan yang terjadi yakni (1) kesalahan dalam penggunaan ejaan dengan persentase 52% dan termasuk kategori banyak (2) kesalahan pada pilihan kata dengan persentase 5% dan termasuk kategori sedikit sekali (3) kesalahan pada pengembangan paragraf dengan persentase 16% dan termasuk kategori sedikit sekali dan (4) kesalahan pada tata kalimat dengan persentase 27% dan termasuk kategori sedikit. Faktor penyebabnya yakni dari siswa sendiri dan dari guru. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa 80% siswa sudah mampu menulis karangan dengan baik hal ini dapat terlihat dari jumlah jenis kesalahan yang terjadi pada masing-masing hasil karangan. Adapun saran yang dapat diberikan yakni guru dapat mengubah metode atau teknik pengajaran yang digunakan sehingga kesalahan yang terjadi dapat lebih diminimalisir lagi. Serta guru juga dapat lebih menekankan aspek bahasa yang masih perlu dijelaskan atau aspek yang paling banyak terjadi kesalahan. Menunjukkan kesalahan yang terjadi kepada siswa sehingga siswa mengerti dimana letak kesalahan yang dia lakukan dan dapat membenarkannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104921

Actions (login required)

View Item View Item