Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IIIB SDN Semanding Kabupaten Kediri / Uluul Khakiim - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IIIB SDN Semanding Kabupaten Kediri / Uluul Khakiim

Khakiim, Uluul (2014) Penerapan model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IIIB SDN Semanding Kabupaten Kediri / Uluul Khakiim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khakiim Uluul. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IIIB SDN Semanding Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Hj. Sri Sugiharti M.Pd (2) Dra. Hj. Murtiningsih M.Pd. Kata kunci model pembelajaran Snowball Throwing aktivitas hasil belajar IPS. Permasalahan dalam pembelajaran IPS di kelas IIIB SDN Semanding Kabupaten Kediri yang ditemukan peneliti dari hasil observasi dan wawancara yaitu pembelajaran masih konvensional keaktifan siswa dalam pembelajaran masih rendah. Selain itu hasil belajar siswa juga belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 70. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan model Snowball Throwing pada pembelajaran IPS di kelas IIIB SDN Semanding (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa selama menerapkan model Snowball Throwing pada pembelajaran IPS di kelas IIIB SDN Semanding (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model Snowball Throwing pada pembelajaran IPS di kelas IIIB SDN Semanding. Snowball Throwing adalah model pembelajaran yang menggali potensi kepemimpinan siswa dalam kelompok dan keterampilan membuat pertanyaan yang dipadukan melalui suatu permainan imajinatif melempar bola salju. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Pada rancangan penelitian ini menggunakan model siklus Kemmis MC. Taggart dan dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di SDN Semanding pada semester I tahun pelajaran 2013/2014 dengan subyek penelitian 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dokumentasi tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing berhasil dilaksanakan dibuktikan dari persentase kemampuan guru menerapkan model tersebut mencapai 87 49%. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 66 74 meningkat 11 83 menjadi 78 57 pada siklus II. Persentase ketuntasan aktivitas meningkat dari 52 38% pada siklus I menjadi 80 95% pada siklus II meningkat 28 57%. Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11 28 pada siklus I yaitu 67 64 menjadi 78 92 pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 61 60% menjadi 80 95% pada siklus II peningkatannya 19 35%. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS kelas IIIB telah berhasil dilaksanakan. Aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing pada matapelajaran IPS materi pokok kerja sama. Saran bagi guru hendaknya model pembelajaran ini diterapkan pada materi dan mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104916

Actions (login required)

View Item View Item