Peningkatan keterampilan menulis melalui menulis narasi pada siswa kelas IV SDN 3 Jepun Kabupaten Tulungagung / Charir Nikmatul Nur Halimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis melalui menulis narasi pada siswa kelas IV SDN 3 Jepun Kabupaten Tulungagung / Charir Nikmatul Nur Halimah

Halimah, Charir Nikmatul Nur (2014) Peningkatan keterampilan menulis melalui menulis narasi pada siswa kelas IV SDN 3 Jepun Kabupaten Tulungagung / Charir Nikmatul Nur Halimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nur Halimah Charir Nikmatul. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Melalui Menulis Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN Jepun 3 Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd (2) Dra. Sri Murdiyah M. Pd. Kata kunci Keterampilan menulis narasi 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Jepun 3 Kabupaten Tulungagung pada pembelajaran menulis narasi ditemukan permasalahan bahwa siswa mengalami kesulitan memulai tulisan narasi kesulitan dalam menentukan tema dan judul karangan yang akan dibuat sehingga isi karangan narasi tidak sesuai dengan tema atau judul yang dibuat siswa kurang terampil dalam berlatih menulis sehingga tulisan kurang bisa dibaca. Salah satu cara yang paling tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis adalah dengan pembelajaran menulis narasi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan menulis narasi dalam pembelajaran menulis dan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis melalui menulis narasi. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi catatan lapangan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan menulis narasi dalam pembelajaran menulis dapat berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada saat pratindakan presentasi ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 30% meningkat menjadi 57% dan 71% pada siklus I pertemuan 1 dan 2 meningkat lagi menjadi 100% pada siklus II pertemuan 1 dan 2. Selain itu penerapan menulis narasi dalam pembelajaran menulis juga dapat meningkatkan aktivitas guru yaitu pada pratindakan aktivitas guru sebesar 20% pada siklus I pertemuan 1 sebesar 80% pertemuan 2 meningkat menjadi 90% dan pada siklus II pertemuan 1 meningkat lagi sebesar 100% pertemuan 2 tetap sebesar 100%. 12288 12288 12288 12288 Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan menulis narasi dalam pembelajaran menulis dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Jepun 3 kabupaten Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dalam menigkatkan keterampilan menulis narasi guru hendaknya menyajikan kegiatan pembelajaran yang kooperatif dan menyenangkan sehingga tidak membosankan siswa. Guru hendaknya kreatif dalam memotifasi siswa untuk lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104915

Actions (login required)

View Item View Item