Perbedaan hasil belajar siswa kelas VA dan VB pada mata pelajaran IPS antara model jigsaw dan model konvensional di SDN Arjowinangun 2 Malang / Irma Ekayanti Widodo - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa kelas VA dan VB pada mata pelajaran IPS antara model jigsaw dan model konvensional di SDN Arjowinangun 2 Malang / Irma Ekayanti Widodo

Widodo, Irma Ekayanti (2014) Perbedaan hasil belajar siswa kelas VA dan VB pada mata pelajaran IPS antara model jigsaw dan model konvensional di SDN Arjowinangun 2 Malang / Irma Ekayanti Widodo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas VA dan VB pada Mata Pelajaran IPS antara Model Jigsaw dan Model Konvensional di SDN Arjowinangun 2 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd (II) Dra. Siti Umayaroh S. Pd M.Pd. Kata Kunci Hasil belajar siswa ilmu pengetahuan sosial (IPS) model jigsaw model konvensional sekolah dasar (SD). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara mengenai pembelajaran IPS di kelas V ditemukan fakta bahwa kegiatan pembelajaran IPS masih didominasi dengan aktivitas guru melalui metode ceramah tanya jawab dan penugasan. Hal tersebut dikarenakan guru kurang menguasai berbagai model pembelajaran. Selain itu hasil belajar siswa kelas V masih tergolong rendah. Diperoleh data nilai rata-rata kelas VA yaitu 66 2 dan nilai rata-rata kelas VB 66 5 nilai KKM di sekolah tersebut sebesar 71. Atas dasar kenyataan tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran inovatif yang dapat membantu siswa untuk menguasai materi dan yang disajikan dan tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan pengalaman siswa melalui kebebasan berpendapat serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model tersebut yaitu model jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS antara model jigsaw dan model konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi experimental design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-equivalent control group design dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberi pre-test dan post-test untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik parametrik dengan menggunakan uji T melalui bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain score pada kelompok eksperimen yaitu 25 50. Rata-rata gain score pada kelompok kontrol yaitu 11 52. Kriteria uji T yaitu apabila t_hitung t_tabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil Uji T dari kedua gain score dengan db. 57 diperoleh t_hitung 4 04 t_tabel 2 00. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas VA yang diajar dengan model jigsaw dan VB yang diajar dengan model konvensional pada mata pelajaran IPS. Adapun saran pada penelitian ini yaitu (1) untuk menerapkan model jigsaw siswa perlu dilatih terlebih dahulu untuk mengungkapkan pendapat (2) untuk menerapkan model jigsaw siswa perlu mendemonstrasikan terlebih dahulu langkah-langkah penerapan model jigsaw.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104914

Actions (login required)

View Item View Item