Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui metode kupas rangkai suku kata di kelas II SDN Mronjo 2 Kabupaten Blitar / Hidayatul Mukaromah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui metode kupas rangkai suku kata di kelas II SDN Mronjo 2 Kabupaten Blitar / Hidayatul Mukaromah

Mukaromah, Hidayatul (2014) Peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui metode kupas rangkai suku kata di kelas II SDN Mronjo 2 Kabupaten Blitar / Hidayatul Mukaromah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mukaromah Hidayatul. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung melalui Metode Kupas Rangkai Suku Kata di Kelas II SDN Mronjo 2 Kabupaten Blitar. Sripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Dra. Yuliwidiarti S. Pd. Kata Kunci menulis tegak bersambung peningkatan kupas rangkai suku kata 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi awal terhadap pembelajaran menulis tegak bersambung di kelas II SDN Mronjo 2 Kabupaten Blitar ditemukan permasalahan antara lain siswa masih belum bisa menulis menggunakan huruf kapital dengan benar tulisan siswa kurang rapi tulisan tidak tepat pada garis yaitu terdapat pada penulisan huruf yang menggantung misalnya p g j dan y serta tulisan siswa kurang jelas yaitu terlihat dari jarak antar kata tidak tampak jelas dan garis penghubung huruf yang terlalu dekat. Dengan demikian menyebabkan hasil belajar siswa tidak mampu mencapai ketuntasan belajar perorangan maupun ketuntasan klasikal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode kupas rangkai suku kata dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung di kelas II SDN Mronjo 2 Kabupaten Blitar dan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis tegak bersambung melalui metode kupas rangkai suku kata di kelas II SDN Mronjo 2 Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dokumentasi tes dan catatan lapangan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan yang meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan/observasi dan (4) refleksi. Data diperoleh dari aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa sedangkan instrumennya berupa lembar observasi dan lembar tes menulis tegak bersambung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis tegak bersambung melalui metode kupas rangkai suku kata dapat meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II SDN Mronjo 2 Kabupaten Blitar. Hal itu dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar pada pratindakan dengan nilai 57 siklus I dengan nilai 70 dan siklus II dengan nilai 87. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 22% siklus I sebesar 52% dan siklus II sebesar 96%. Keterampilan menulis tegak bersambung di kelas II mengalami peningkatan pada setiap siklus. Dari data-data yang telah dipaparkan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kupas rangkai suku kata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis tegak bersambung. Dengan demikian dapat disarankan bagi guru untuk menggunakan metode kupas rangkai suku kata pada pembelajaran menulis tegak bersambung supaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104909

Actions (login required)

View Item View Item