Penerapan model siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas V SDN Pagelaran 02 Malang / Vivi Sumanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas V SDN Pagelaran 02 Malang / Vivi Sumanti

Sumanti, Vivi (2014) Penerapan model siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas V SDN Pagelaran 02 Malang / Vivi Sumanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sumanti Vivi. 2014. Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Gaya pada Siswa Kelas V SDN Pagelaran 02 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd (II) Drs. Dimyati S.Pd M.Pd. Kata Kunci aktivitas belajar hasil belajar learning cycle materi gaya. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada pembelajaran IPA di SDN Pagelaran 02 diperoleh temuan bahwa aktivitas belajar siswa kelas V masih rendah. Aktivitas siswa hanya terpaku pada melihat mendengar dan mencatat. Hasil belajar siswa rata-rata mencapai 6 7. Hal ini masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 7 5. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa diperlukan model pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan konsep dengan usahanya sendiri yaitu melalui penerapan model learning cycle. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dalam penelitian ini mendeskripsikan penerapan model learning cycle dalam pembelajaran IPA materi gaya aktivitas belajar siswa kelas V selama diterapkan model learning cycle dan hasil belajar siswa kelas V setelah diterapkan model learning cycle. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas model siklus Kemmis dan M. C. Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dokumentasi dan tes. Subjek penelitian ini sebanyak 41 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model learning cycle telah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 8 5 sedangkan pada siklus II mencapai 8 9. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 8 6 sedangkan pada siklus II mencapai 8 7. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan yaitu model learning cycle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam menerapkan model learning cycle disarankan memberikan penjelasan langkah-langkah kegiatan praktikum secara rinci dan membangun kesepakatan untuk tertib dan disiplin baik dari segi waktu atau proses kerja kepada siswa sebelum kegiatan praktikum dimulai agar tidak ada penyalahgunaan peralatan praktikum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104904

Actions (login required)

View Item View Item