Pemanfaatan media komik dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Kedungkandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rurin Hidayatuts Tsalits - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media komik dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Kedungkandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rurin Hidayatuts Tsalits

Tsalits, Rurin Hidayatuts (2014) Pemanfaatan media komik dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Kedungkandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Rurin Hidayatuts Tsalits. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tsalits Rurin Hidayatuts. 2014. Pemanfaatan Media Komik dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SDN Kedungkandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. M. Imron Rosyadi SY S.Pd. M.Pd (2) Drs. Sutarno M.Pd. Kata kunci media komik pembelajaran IPS aktivitas belajar hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa masih sangat rendah. Rendahnya aktivitas belajar siswa tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Dari 26 siswa hanya 3 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 45 77. Hasil wawancara menunjukkan bahwa salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa adalah belum adanya pemanfaatan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS yakni membina siswa untuk memiliki pengetahuan keterampilan dan kepedulian sosial. Oleh karena itu peneliti menganjurkan untuk memanfaatkan media komik dalam pembelajaran IPS di Kelas VB SDN Kedungkandang 2. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan pemanfaatan media komik dalam pembelajaran IPS dan mendeskripsikan pemanfaatan media komik dalam pembelajaran IPS dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Kedungkandang 2. Subjek penelitian yakni 26 siswa kelas VB SDN Kedungkandang 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian berupa PTK yang menggunakan siklus PTK model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan memanfaatkan media komik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VB SDN Kedungkandang 2. Rata-rata persentase pelaksanaan pembelajaran IPS pra tindakan 66 25% siklus 1 92 5% dan siklus 2 96 25%. Artinya terjadi peningkatan 26 25% dari pra tindakan ke siklus 1 dan peningkatan 3 75% dari siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pra tindakan 53 85% pada siklus 1 76 48% dan pada siklus 2 80 74%. Artinya terjadi peningkatan 22 63% dari pra tindakan ke siklus 1 dan peningkatan 4 26% dari siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pra tindakan 66 8 pada siklus 1 79 42 dan pada siklus 2 77 11. Artinya terjadi peningkatan 12 62 dari pra tindakan ke siklus 1 dan penurunan 2 31 dari siklus 1 ke siklus 2. Saran yang dapat diajukan bagi guru maupun peneliti lain yakni dapat memanfaatkan media komik pada mata pelajaran lain dan disesuaikan dengan materi yang diajarkan sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan menyenangkan. Selain itu diharapkan guru atau peneliti lain tidak bosan untuk terus melakukan merefleksi pada pembelajaran dan melakukan tindakan-tindakan perbaikan untuk meningkatkan mutu pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104903

Actions (login required)

View Item View Item