Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan siswa terhadap materi IPS kelas V MI Miftahul Astar Bedug Kabupaten Kediri / Jihan Filisyamala - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan siswa terhadap materi IPS kelas V MI Miftahul Astar Bedug Kabupaten Kediri / Jihan Filisyamala

Filisyamala, Jihan (2014) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan siswa terhadap materi IPS kelas V MI Miftahul Astar Bedug Kabupaten Kediri / Jihan Filisyamala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Filisyamala Jihan. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Penguasaan Siswa terhadap Materi IPS Kelas V MI Miftahul Astar Bedug Kabupaten Kediri. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd. (2) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata kunci model pembelajaran Mind Mapping aktivitas belajar IPS. Berdasarkan observasi awal dan wawancara singkat dengan guru kelas V yaitu Ibu Robi ah menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi IPS masih kurang. Penguasaan siswa terhadap materi dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar IPS yang dicapai hanya 59 56. Nilai tersebut masih di bawah KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 70. Selain itu kurangnya penguasaan siswa terhadap materi IPS dipicu oleh aktivitas siswa selama pembelajaran yang masih kurang. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran IPS kelas V MI Miftahul Astar Bedug Kabupaten Kediri (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V MI Miftahul Astar Bedug Kabupaten Kediri dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping (3) Mendeskripsikan peningkatan penguasaan siswa terhadap materi IPS siswa kelas V MI Miftahul Astar Bedug Kabupaten Kediri dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan rancangan penelitian ini mengacu kepada model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Astar Bedug Kabupaten Kediri pada semester I tahun pelajaran 2013/2014 dengan subyek berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penggunaan model Mind Mapping dapat terlaksana dengan baik hal ini dapat dilihat dari semua langkah-langkah model Mind Mapping telah dilaksanakan oleh guru. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai persentase ketuntasan klasikal sebesar 56 52% meningkat menjadi 82 61% pada siklus II. Penguasaan siswa terhadap materi IPS meningkat ditunjukkan hasil belajar siswa pada pra tindakan nilai rata-rata siswa hanya 59 56 dengan persentase ketuntasan klasikal 30 43%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 69 89 dengan persentase ketuntasan klasikal 56 52% dan meningkat lagi pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 81 96 dengan persentase ketuntasan klasikal 86 96%. Kesimpulan penelitian ini yaitu secara keseluruhan penerapan model Mind Mapping telah berhasil dilaksanakan aktivitas belajar dan penguasaan siswa terhadap materi IPS dapat meningkat melalui penggunaan model Mind Mapping. Disarankan agar guru dapat mencoba model Mind Mapping dalam pembelajaran pada materi lain untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan siswa terhadap materi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104902

Actions (login required)

View Item View Item