Analisis teks bacaan dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas V SD ditinjau dari pendidikan karakter / Setyawati Sriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis teks bacaan dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas V SD ditinjau dari pendidikan karakter / Setyawati Sriana

Sriana, Setyawati (2014) Analisis teks bacaan dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas V SD ditinjau dari pendidikan karakter / Setyawati Sriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sriana Setyawati. 2014. Analisis Teks bacaan dalam Buku Teks Bahasa Indonesia kelas V SD Ditinjau dari Pendidikan Karakter. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (II) Drs. Sunyoto S.Pd M.Si. Kata kunci analisis teks bacaan buku teks pendidikan karakter. 12288 12288 12288 12288 Buku teks yang baik hendaknya berusaha memantapkan nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat. Namun muncul kasus mengenai buku teks bahasa Indonesia yang tidak sesuai dengan perkembangan dan nilai moral siswa. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pembahasan mengenai nilai-nilai karakter teks bacaan dalam buku teks Bahasa Indonesia. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai karakter dalam teks bacaan meliputi nilai karakter yang terkait dengan (1) Tuhan (2) diri sendiri (3) keluarga (4) masyarakat dan bangsa dan (5) lingkungan alam (6) nilai karakter yang paling dominan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu kajian pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni metode dokumentasi dan metode analisis isi atau kajian isi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pencatat data. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan validasi dengan teman sejawat. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data terhadap buku teks Bahasa Indonesia tersebut diperoleh tujuh temuan yaitu (1) keragaman nilai karakter mencapai 54 2% dan termasuk kategori baik (2) keragaman nilai karakter terkait dengan Tuhan mencapai 28 6% yang termasuk kedalam kategori cukup sedangkan jumlah kemunculan nilai karakter yaitu 3 kali termasuk kategori sedikit (3) keragaman nilai karakter terkait dengan diri sendiri mencapai 60% termasuk dalam kategori sangat baik sedangkan jumlah kemunculan nilai karakter yaitu 74 kali termasuk kategori sangat banyak (4) keragaman nilai karakter terkait dengan keluarga mencapai 55 5% yang termasuk kedalam kategori baik sedangkan dari jumlah kemunculan nilai karakter yaitu 63 kali termasuk kategori sangat banyak (5) keragaman nilai karakter terkait dengan masyarakat dan bangsa mencapai 52 8% yang termasuk kedalam kategori baik sedangkan jumlah kemunculan nilai karakter yaitu 75 kali termasuk kategori sangat banyak (6) keragaman nilai karakter terkait dengan lingkungan alam mencapai 57 1% yang termasuk kedalam kategori baik sedangkan jumlah kemunculan nilai karakter yaitu 36 kali termasuk kategori cukup banyak dan (7) nilai karakter yang dominan adalah nilai karakter terkait dengan masyarakat dan bangsa yang muncul sebanyak 75 kali. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan yang muncul saran yang dapat diberikan diantaranya (1) penyusun buku teks dapat memberikan nilai-nilai karakter yang beragam dalam teks bacaan yang akan disajikan pada buku teks (2) guru sebaiknya membimbing siswa untuk menemukan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam teks bacaan yang digunakan saat kegiatan belajar mengajar dan (3) sebaiknya diadakan penelitian sejenis yang lebih mendalam dan menggunakan landasan teori lainnya dan juga dapat dikembangkan buku teks yang berbasis karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104899

Actions (login required)

View Item View Item