Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media lingkungan pada kelas II SDN Durenan Kabupaten Trenggalek / Nur Budi Utami - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media lingkungan pada kelas II SDN Durenan Kabupaten Trenggalek / Nur Budi Utami

Utami, Nur Budi (2014) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui media lingkungan pada kelas II SDN Durenan Kabupaten Trenggalek / Nur Budi Utami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Utami Nur Budi. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Media Lingkungan pada Kelas II SDN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd (II) Drs. Sunyoto S.Pd. M.Si. Kata Kunci keterampilan menulis menulis deskripsi media lingkungan 12288 12288 12288 12288 Hasil studi awal di kelas II SDN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek diperoleh informasi bahwa dari 26 siswa terdapat 10 siswa yang kurang mampu mengungkapkan gagasan atau ide dalam bentuk tulisan 9 siswa kurang menguasai kosa kata dalam bahasa Indonesia dan 7 siswa kurang menguasai keterampilan kebahasaan (pemilihan kata penggunaan ejaan penyusunan pola kalimat). Penyebab kurangnya keterampilan siswa tersebut diantaranya siswa kurang teliti dalam menulis paragraf siswa kurang minat untuk membaca siswa tidak percaya diri dalam mengungkapkan gagasan atau idenya dalam bentuk tulisan. Guru hanya menggunakan metode ceramah tanya jawab dan penugasan sehingga kurang mengaktifkan siswa dalam pembelajan. Guru juga tidak memanfaatkan media pembelajaran apapun dan hanya memanfaatkan buku paket sebagai sumber belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsika penerapan media lingkungan dalam pembelajaran menulis deskripsi dan mendeskripsikan penerapan media lingkungan dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas II SDN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa teknik observasi (pengamatan) dokumentasi catatan lapangan dan tes. Penyajian data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada tahap pratindakan terdapat 42% siswa yang tuntas belajar. Pada tindakan siklus I aktivitas siswa atau nilai proses (NP) yang diperoleh siswa secara klasikal adalah 85. Dan persentase ketuntasan belajar siswa dalam menulis deskripsi sebanyak 89%. Pada tindakan siklus II aktivitas siswa atau nilai proses (NP) yang diperoleh siswa secara klasikal adalah 90. Dan persentase ketuntasan belajar siswa dalam menulis deskripsi sebanyak 100%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan paparan data temuan penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan media lingkungan dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi pada kelas II SDN 1 Durenan. Siswa lebih aktif percaya diri bersemangat dan senang dalam mengikuti pembelajaran menulis deskripsi. Selain itu siswa juga menjadi lebih terbiasa melakukan pengamatan pengumpulan data membuat kerangka dan menyusun kerangka menjadi paragraf deskripsi. Penerapan media lingkungan dalam pembelajaran menulis deskripsi dapat meningkatkan aspek pendeskripsian objek dan kebahasaan siswa kelas II SDN 1 Durenan. Hal tersebut berdasarkan pemaparan ketuntasan belajar siswa mulai dari tahap pratindakan yaitu 42%. Pada tindakan siklus I terdapat 89% siswa yang tuntas belajar. Pada tindakan siklus II terdapat 100% siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang dapat dikemukakan oleh peneliti yaitu (1) siswa hendaknya lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapatnya di dalam pembelajaran (2) guru hendaknya sering menunjuk siswa yang kurang percaya diri tersebut pada saat tanya jawab mempresentasikan hasil dan menanggapi jawaban teman (2) guru hendaknya menggunakan media lingkungan untuk meningkatkan aktivitas dan nilai hasil siswa dalam menulis deskripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104897

Actions (login required)

View Item View Item