Peningkatan keterampilan berbicara melalui model practice rehearsal pairs pada siswa kelas V SDN Gaprang 02 Kabupaten Blitar / Mohammad Zakariya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan berbicara melalui model practice rehearsal pairs pada siswa kelas V SDN Gaprang 02 Kabupaten Blitar / Mohammad Zakariya

Zakariya, Mohammad (2014) Peningkatan keterampilan berbicara melalui model practice rehearsal pairs pada siswa kelas V SDN Gaprang 02 Kabupaten Blitar / Mohammad Zakariya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zakariya Mohammad. 2014. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Practice Rehearsal Pairs Pada Siswa Kelas V SDN Gaprang 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Suhel Madyono S.Pd M.Pd (II) Suwarti S.Pd M. Pd. Kata kunci keterampilan berbicara model practice rehearsal pairs 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas V SDN Gaprang 02 Kabupaten Blitar ditemukan beberapa permasalahan antara lain (1) siswa kurang menguasai topik persoalan sehingga mereka kesulitan dalam menyusun komentar yang tepat (2) siswa kurang terampil dalam berbicara karena kurangnya latihan berbicara (3) banyak siswa yang pasif dan kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dan (4) guru masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk dapat mengembangkan keterampilan berbicara dalam mengomentari persoalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model practice rehearsal pairs dalam meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Gaprang 02 Kabupaten Blitar dan mendeskripsikan model practice rehearsal pairs dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Gaprang 02 Kabupaten Blitar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah PTK yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen penilaian yang digunakan berupa pedoman observasi dan soal tes. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbicara menggunakan model practice rehearsal pairs berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gaprang 02 Kabupaten Blitar. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai pada pratindakan adalah 58 siklus I adalah 74 dan siklus II adalah 86. Ketuntasan belajar secara klasikal pada pratindakan sebesar 38% pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II mencapai 87%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbicara dengan model practice rehearsal pairs dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Gaprang 02 Kabupaten Blitar. Untuk itu diharapkan guru menggunakan model practice rehearsal pairs dalam pembelajaran berbicara mengomentari persoalan agar siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal selain itu dalam pembelajaran berbicara guru hendaknya meningkatkan intensitas aktivitas berbicara siswa sebagai bentuk latihan untuk mengembangkan keterampilan berbicara yang dimiliki siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104895

Actions (login required)

View Item View Item