Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media di kelas V SDN 1 Gebang Kabupateng Tulungagung / Wulan Wisda Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media di kelas V SDN 1 Gebang Kabupateng Tulungagung / Wulan Wisda Sari

Sari, Wulan Wisda (2014) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media di kelas V SDN 1 Gebang Kabupateng Tulungagung / Wulan Wisda Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wisda Sari Wulan. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Media di Kelas V SDN 1 Gebang Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Dra. Hj. Sri Murdiyah M. Pd. Kata Kunci menulis deskripsi media pembelajaran lingkungan sekolah 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi pratindakan yang telah dilakukan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran sehingga hasil yang diperoleh pun tidak memuaskan. Dari 15 orang siswa hanya 4 orang siswa (27%) yang memperoleh nilai diatas KKM yaitu 70. Permasalahan tersebut dikarenakan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Dalam kegiatan pembelajaran guru perlu menggunakan media pembelajarannya yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan pembelajaran diantaranya membantu guru menyampaikan pembelajarannya dan akan memotivasi siswa agar lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diadakan penelitian dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan menulis deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media di kelas V SDN 1 Gebang Kabupaten Tulungagung (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media di kelas V SDN 1 Gebang Kabupaten Tulungagung. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Gebang Kabupaten Tulungagung dengan jumlah siswa 15 anak. Intrumen yang digunakan adalah pedoman observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari persentase refleksi awal pada pra kegiatan 27 5% menjadi 53% pada siklus I. Begitu pula persentase yang diperoleh siswa pada siklus II sebesar 93% . Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media secara bertahap pada siswa kelas V SDN 1 Gebang Kabupaten Tulungagung. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan hendaknya guru menyusun RPP yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sehingga akan memudahkan guru dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu guru hendaknya menggunakan media pembelajaran agar siswa lebih paham terhadap materi pembelajaran dan hasil belajar siswapun akan baik. Salah satu media yang dapat digunakan guru yaitu memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai media dalam menulis deskripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104894

Actions (login required)

View Item View Item