Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui metode karyawisata di kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar / Fitria Dwi Srirahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui metode karyawisata di kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar / Fitria Dwi Srirahayu

Srirahayu, Fitria Dwi (2014) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui metode karyawisata di kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar / Fitria Dwi Srirahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Srirahayu Fitria Dwi. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Metode Karyawisata Kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M. Pd (II) Dra. Yuliwidiarti S. Pd. Kata kunci menulis deskripsi peningkatan hasil belajar metode karyawisata Observasi awal di kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar pada pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis deskripsi ditemukan beberapa permasalahan antara lain siswa masih kesulitan dalam menuangkan ide/gagasan dalam menulis deskripsi siswa menggunakan pilihan kata yang kurang tepat dalam mengembangkan tulisan deskripsi dan penggunaan kosa kata yang tidak bervariasi. Hasil belajar siswa pada tahap pratindakan belum mencapai ketuntasan yang ditentukan secara klasikal sebesar 75%. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode karyawisata dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa di kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar dan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui metode karyawisata kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan yang meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan/observasi dan (4) refleksi. Data diperoleh dari aktivitas guru dan siswa sedangkan instrumennya berupa lembar observasi dan lembar tes menulis deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis deskripsi melalui metode karyawisata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar. Hal itu dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan menulis deskripsi siswa pada tahap pratindakan adalah 70 dengan persentase sebesar 38% persentase tersebut termasuk kualifikasi nilai sangat kurang. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh adalah 76 dengan persentase sebesar 67% persentase tersebut termasuk kualifikasi kurang. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sudah meningkat dibandingkan pada siklus I yaitu 83 dengan persentase sebesar 86% persentase tersebut termasuk kualifikasi baik. Keterampilan menulis deskripsi kelas V mengalami peningkatan pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode karyawisata dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi. Dengan demikian dapat disarankan bagi guru untuk menggunakan metode karyawisata pada pembelajaran menulis deskripsi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104892

Actions (login required)

View Item View Item