Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Andonosari I Tutur Pasuruan / Kateni Winata - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Andonosari I Tutur Pasuruan / Kateni Winata

Winata, Kateni (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Andonosari I Tutur Pasuruan / Kateni Winata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Winata Kateni.2013.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pkn Materi Pengaruh Globalisasi Pada Siswa Kelas IV SDN Andonosari I Tutur Pasuruan.Skripsi. Malang Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Muchtar S.Pd M.Si. (2) Dra. Murtiningsih M.Pd. Kata Kunci Jigsaw aktivitas hasil belajar globalisasi PKn Penelitian ini berlatar belakang adanya guru yang masih mendominasi pembelajaran di dalam kelas dengan menenerapkan pendekatan pembelajaran konvensional dimana kegiatan masih terpusat pada guru. Hal ini menyebabkan aktivitas belajar siswa kurang maksimal dan hasil belajarnya di bawah standar kriteria ketuntasan minimal serta guru kurang kreatif dalam penggunaan model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar. Keaktifan siswa dalam belajar masih rendah siswa-siswa kurang kreatif kurang menyenangkan karena pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV SDN Andonosari I Tutur Pasuruan (2) Untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas IV SDN Andonosari I Tutur Pasuruan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran Pkn materi pengaruh globalisasi (3) Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran PKn materi pengaruh globalisasi untuk siswa kelas IV SDN Andonosari I Tutur Pasuruan. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah strategi pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam satu kelompok kecil untuk saling berinteraksi dan melatih tanggung jawab pada diri sendiri dan belajar siswa lain. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan kerja sama antara peneliti dan guru kelas IV SDN Andonosari I mulai dari proses identiffikasi masalah perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I 52% dengan rata-rata 72 4 dan siklus II 96% dengan rata-rata 83 4. Pada aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata mencapai 5 4 dengan prosentase 60% dan pada siklus II menjadi rata-rata 7 8 dengan prosentase 87%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Dalam mengajarkan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) disarankan pada guru-guru hendaknya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104887

Actions (login required)

View Item View Item