Penerapan model role playing dalam pembelajaran tema keberagaman budaya bangsaku untuk meningkatkan kerukunan dan aktivitas siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Kec. Sukun Kota Malang / Merlia Anastasia Iswantin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model role playing dalam pembelajaran tema keberagaman budaya bangsaku untuk meningkatkan kerukunan dan aktivitas siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Kec. Sukun Kota Malang / Merlia Anastasia Iswantin

Iswantin, Merlia Anastasia (2014) Penerapan model role playing dalam pembelajaran tema keberagaman budaya bangsaku untuk meningkatkan kerukunan dan aktivitas siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Kec. Sukun Kota Malang / Merlia Anastasia Iswantin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iswantin Merlia Anastasia. 2013. Penerapan Model Role Playing Dalam Pembelajaran Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Untuk Meningkatkan Kerukunan Dan Aktivitas Siswa Kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Kec. Sukun Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd (2) Drs. Imron Rosyadi S.Pd M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kurikulum 2013 Role Playing Budaya Kerukunan Aktivitas. Seiring dengan perkembangan zaman kebudayaan di Indonesia semakin terkikis disebabkan dampak negatif globalisasi. Khususnya pada siswa sekolah dasar guru harus berupaya menumbuhkan semangat pada siswa agar memiliki rasa memiliki dan mencintai budaya di negeri sendiri. Salah satu bentuk inovasinya adalah mengaplikasikan model yang menarik dalam pembelajaran. Hasil observasi dalam pembelajaran Tematik Terpadu pada siswa kelas IV siswa kurang memahami materi keberagaman budaya di Indonesia. Siswa belum bisa menjelaskan keberagaman budaya dan menyebutkan penyebaran suku-suku bangsa. Pada materi ini guru juga menemukan masalah penyebab kurangnya semangat siswa dan aktivitas belajar dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini guru mencoba menerapkan model Role Playing yang belum pernah digunakan sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kerukunan dan aktivitas belajar siswa agar mereka memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penerapan model bermain peran (Role Playing) dalam pembelajaran Tema Keberagaman Budaya Bangsaku pada siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Malang dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut (1) memilih situasi bermain peran (2) mempersiapkan kegiatan bermain peran (3) memilih pemain peran (4) mempersiapkan penonton sekaligus pengamat (5) memainkan peran (6) refleksi dan evaluasi. Guru harus berupaya untuk mengatur alokasi waktu sebaik mungkin agar tujuan pembelajaran menggunakan model ini dapat tercapai. Hasil penerapan model Role Playing dalam pembelajaran Tema Keberagaman Budaya Bangsaku. Pada tahap pra tindakan memperoleh nilai kerukunan dan aktivitas sebesar 58% nilai tindakan siklus I naik menjadi 63 12% dan tindakan siklus II mencapai nilai sebesar 73 68%. Siswa sangat senang dan tertarik dalam pembelajaran menggunakan model ini karena mereka mendapatkan hikmah dan pengalaman yang nyata sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan kesadaran untuk hidup rukun. Kenaikan nilai rata-rata mencapai 10 56% dan hasil ini sebenarnya masih perlu ditingkatkan lagi dalam pembelajaran selanjutnya. Penerapan Model Role Playing dalam pembelajaran ini dapat membantu siswa meningkatkan kerukunan dan aktivitas belajar di sekolah. Selain itu juga dapat membantu guru kelas IV dalam menyampaikan materi kepada siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran dengan tema yang sesuai. Maka dari itu disarankan kepada guru agar menggunakan model Role Playing agar variasi dalam pembelajaran semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104882

Actions (login required)

View Item View Item