Pengembangan modul IPS kelas IV semester I di SDN s-Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri / Sirojul Mufti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul IPS kelas IV semester I di SDN s-Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri / Sirojul Mufti

Mufti, Sirojul (2014) Pengembangan modul IPS kelas IV semester I di SDN s-Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri / Sirojul Mufti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mufti Sirojul. 2013. Pengembangan Modul IPS Kelas IV Semester I di SDN se-Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Skripsi Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Toha Mashudi S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Kata Kunci Pengembangan modul IPS Kelas IV SD Berdasarkan observasi di beberapa SD di wilayah Ngasem diketahui bahwa belum ada bahan ajar berupa modul yang digunakan siswa khususnya pada pelajaran IPS kelas IV SD dan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang antusias dan kurang aktif dalam menerima pembelajaran. Selain itu siswa juga kurang mampu belajar secara mandiri. Pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran dengan modul adalah salah satu pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul yang layak menurut ahli materi ahli media guru dan siswa. Modul adalah paket program yang disusun dalam bentuk satuan tertentu guna keperluan belajar. Modul mempunyai tujuan yaitu memberi kesempatan kepada siswa untuk maju menurut kecepatan dan kemampuannya masing-masing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Pengembangan modul ini mengadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1983) yaitu (1) analisis kebutuhan (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji coba awal (5)revisi produk (6) uji coba lapangan (7) revisi produk akhir. Modul ini diuji coba pada kelompok terbatas kepada 32 siswa kelas IV SD di beberapa SDN di wilayah Ngasem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi oleh ahli media menunjukkan rata-rata 87 50% dari ahli materi menunjukkan rata-rata 91 30% dari keempat ahli pengguna (guru) menunjukkan rata-rata 91 34% dan dari uji coba kelompok terbatas mendapatkan rata-rata 89 65%. Data tambahan juga diperoleh dari uji coba kelompok terbatas yakni hasil uji kompetensi 1 dan 2 dengan nilai rata-rata 78 11 dan persentase keefektifan modul diperoleh 90 62%. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul IPS layak digunakan dalam pembelajaran. Dalam pemanfaatannya pada proses belajar mengajar guru disarankan selalu mengontrol proses belajar siswa memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa serta memberikan waktu kepada siswa untuk diskusi atau konsultasi. Sedangkan saran kepada pengembangan selanjutnya yaitu mengembangkan modul IPS dengan materi yang lain yang lebih menarik dan variatif sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Feb 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104880

Actions (login required)

View Item View Item