Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi SQ3R pada siswa kelas IV SDN Kauman 2 Malang / Dewi Kartika C.B. - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi SQ3R pada siswa kelas IV SDN Kauman 2 Malang / Dewi Kartika C.B.

Kartika C.B., Dewi (2014) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi SQ3R pada siswa kelas IV SDN Kauman 2 Malang / Dewi Kartika C.B. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bakti Dewi Kartika Cahya. 2012. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Strategi SQ3R pada Siswa Kelas IV SDN Kauman 2 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Muhana Gipayana M.Pd (2) Drs. Sutarno M.Pd Kata Kunci Membaca Pemahaman Strategi SQ3R SDN Kauman 2 Membaca pemahaman yaitu kegiatan memahami isi dan kandungan secara intrinsik dan ekstrinsik dari bacaan tersebut secara tepat sehingga memiliki kemampuan dalam pemahaman literal reorganisasi pemahaman inferensial evaluasi dan apresiasi. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa tingkat membaca pemahaman sebagian besar siswa di Kelas IV SDN Kauman 2 Malang masih tergolong rendah. Siswa masih mengalami kesulitan dalam mencerna isi dari teks bacaan. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu (1) meningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kauman 2 Malang melalui strategi SQ3R dan (2) mendeskripsikan penerapan strategi SQ3R untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Kauman 2 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart dengan 4 tahapan yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu (1) observasi (2) wawancara (3) tes dan (4) dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga cara yaitu reduksi data paparan data dan penyimpulan data. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kauman 2 Malang yang berjumlah 23 siswa terdiri atas 13 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun ajaran 2012/2013 tepatnya pada bulan Nopember 2012. Penelitian ini terbatas pada mendeskripsikan penerapan strategi SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah hasil evaluasi siswa yang mengalami peningkatan. Pada hasil pretes tingkat keberhasilan kemampuan awal siswa yaitu 39%. Setelah dilaksanakan siklus I tingkat keberhasilan kemampuan siswa meningkat menjadi 56 5%. Kemampuan siswa terus meningkat pada siklus II menjadi 83%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi SQ3R dilakukan berdasarkan 5 langkah yaitu survey question read recite dan review dalam materi membaca teks bacaan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN Kauman 2 Malang terhadap isi bacaan. Saran bagi guru adalah agar menerapkan Strategi SQ3R dalam kegiatan membaca teks bacaan baik dalam pelajaran Bahasa Indonesia maupun mata pelajaran lain terutama pada teks nonfiksi atau ilmu pengetahuan (sains). Bagi peneliti lain sebagai acuan dalam penelitian lanjutan yang serupa dan lebih memperhatikan tahapan yang dirasa sulit untuk siswa khususnya yang membutuhkan pemahaman analisis sintesis seperti pada kategori pemahaman reorganisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104873

Actions (login required)

View Item View Item