Penerapan pembelajaran model cooperative learning dengan NHT untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Kertajaya V Surabaya / Elly Andriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran model cooperative learning dengan NHT untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Kertajaya V Surabaya / Elly Andriani

Andriani, Elly (2014) Penerapan pembelajaran model cooperative learning dengan NHT untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Kertajaya V Surabaya / Elly Andriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Andriani Elly. 2013. Penerapan Pembelajaran Model Cooperative Learning dengan NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III SDN Kertajaya V Surabaya. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd Kata Kunci Numbered Heads Together Hasil Belajar PKn SD Berdasarkan hasil pengamatan awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas III SDN Kertajaya V Surabaya masih rendah hal ini dapat dilihat dari (1) Hasil nilai raport siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013 yang masih di bawah rata-rata KKM (2) Guru hanya menggunakan metode ceramah Tanya jawab dan penugasan (4) Media pembelajaran hanya terbatas pada buku pelajaran. Hal ini menyebabkan siswa cepat bosan. Untuk itu perlu adanya suatu model pembelajaran yang membuat siswa lebih kreatif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran PKn kelas III SDN Kertajaya V Surabaya (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran PKn kelas III SDN Kertajaya V Surabaya Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Model penelitian ini adalah kolaboratif dengan dibantu oleh 2 orang guru sebagai observer dimana penulis bertindak sebagai pelaksana atau guru kelas dan instrumen yang digunakan meliputi lembar wawancara siswa pedoman observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian NHT telah dilakukan dengan tahapan sebagai berikut (1) Siklus 1 dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan siklus I pertemuan pertama diperoleh skor rata-rata 60 98 dengan prosentase ketuntasan 26 82% (12 siswa dari 48 siswa) sedangkan pertemuan kedua diperoleh skor rata-rata 68 1 dengan prosentase ketuntasan 41 46% (20 siswa dari 48 siswa). Dapat disimpulkan meningkat 15 18%. (2) siklus 2 dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dimana pertemuan pertama hasil belajar siswa tuntas dilanjutkan lagi dengan pertemuan ke dua dan hasil belajarnya tuntas. Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh skor rata-rata 86 7 dengan prosentase ketuntasan 78 05% (31 siswa dari 48 siswa) sedangkan pertemuan kedua diperoleh skor rata-rata 90 04 dengan prosentase ketuntasan 95 12% (20 siswa dari 48 siswa). Dapat disimpulkan meningkat 17 07%. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together pada kelas III SDN Kertajaya V Surabaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa terbukti dengan meningkatnya hasil belajar di setiap siklus dan aktivitas siswa selama pembelajaran dalam kelompok menunjukkan kerjasama yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104871

Actions (login required)

View Item View Item