Peningkatan kemampuan siswa kelas IV dalam melakukan penyelidikan sederhana pada pembelajaran IPA melalui pendekatan inkuiri terbimbing di SDN Sananwetan 01 Kota Blitar / Siska Widiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan siswa kelas IV dalam melakukan penyelidikan sederhana pada pembelajaran IPA melalui pendekatan inkuiri terbimbing di SDN Sananwetan 01 Kota Blitar / Siska Widiyanti

Widiyanti, Siska (2013) Peningkatan kemampuan siswa kelas IV dalam melakukan penyelidikan sederhana pada pembelajaran IPA melalui pendekatan inkuiri terbimbing di SDN Sananwetan 01 Kota Blitar / Siska Widiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Widiyanti Siska. 2013. Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas IV Dalam Melaku-kan Peyelidikan Sederhana Pada Pembelajaran IPA Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing di SDN Sananwetan 01 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. (2) Dra. Hj. Wasih DS M.Pd Kata Kunci Penyelidikan Sederhana Pendekatan Inkuiri Terbimbing. 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi pendahuluan pada pembelajaran IPA kelas IV di SDN Sa-nanwetan 01 menunjukkan kemampuan siswa melakukan penyelidikan sederhana masih kurang. Hal tersebut dikarenakan guru menggunakan metode ceramah ten-tang materi siswa mendengarkan ceramah guru mencatat hal-hal yang dianggap penting dan menjawab pertanyaan yang ada di dalam buku teks IPA sehingga siswa kurang mendapat kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dalam melakukan penyelidikan sederhana. Berkaitan dengan kondisi tersebut perlu di-adakan penelitian untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan pe-nyelidikan sederhana pada pembelajaran IPA. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran pada tahap pratindakan (2) kemampuan siswa me-ngembangkan kemampuan melakukan penyelidikan sederhana pada tahap pratin-dakan (3) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Terbimbing pada tiap siklus (4) kemampuan siswa mengembangkan kemampuan melakukan penyelidikan sederhana melalui pendekatan Inkuiri Terbimbing pada tiap siklus dan (5) peningkatan kemampuan siswa mengembangkan kemampuan dalam melakukan penyelidikan sederhana melalui pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneli-tian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan ada-lah teknik analisis data deskriptif kualitatif . 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran IPA menunjukkan bahwa ca-paian persentase (1) pada tahap pratindakan 50% (kurang baik) (2) siklus I per-temuan 1 67% (cukup baik) siklus I pertemuan 2 70% (baik) dan siklus I perte-muan 3 baik (79%) (3) siklus II pertemuan 1 82% (baik) siklus II pertemuan 2 85% (sangat baik) dan siklus II pertemuan 3 89% (sangat baik). Hasil tersebut menunjukkan bahwa peningkatan pelaksanaan pembelajaran IPA dari tahap pra-tindakan ke siklus I pertemuan 1 meningkat 17% dari siklus I pertemuan 1 ke si-klus I pertemuan 2 meningkat 3% dari siklus I pertemuan 2 ke siklus I pertemuan 12288 12288 12288 12288 3 meningkat 9% dari siklus I per-temuan 3 ke siklus II pertemuan 1 meningkat 3% dari siklus II pertemuan 1 ke siklus II pertemuan 2 meningkat 3% dan dari siklus II pertemuan 2 ke siklus II pertemuan 3 meningkat 4%. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian kemampuan siswa dalam melakukan penyelidikan seder-hana menunjukkan bahwa capaian persentase (1) pada tahap pratindakan 0% (sa-ngat kurang) (2) siklus I pertemuan 1 25% (sangat kurang) siklus I pertemuan 2 48% (kurang baik) dan siklus I pertemuan 3 66% (cukup baik) (3) siklus II per-temuan 1 68% (cukup baik) siklus II pertemuan 2 73% (baik) dan siklus II per-temuan 3 78% (baik). Hasil tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam mela-kukan penyelidikan sederhana dari tahap pratindakan ke siklus I per-temuan 1 meningkat 25% dari siklus I pertemuan 1 ke siklus I pertemuan 2 me-ningkat 23% dari siklus I pertemuan 2 ke siklus I pertemuan 3 meningkat 18% dari siklus I pertemuan 3 ke siklus II pertemuan 1 meningkat 2% dari siklus II pertemuan 1 ke siklus II pertemuan 2 meningkat 5% dan dari siklus II pertemuan 2 ke siklus II pertemuan 3 meningkat 5%. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian ini adalah pembelajaran menggu-nakan pendekatan Inkuiri Terbimbing yang dilakukan dengan sangat baik dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan penyelidikan sederhana de-ngan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk guru (1) mengguna-kan pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk mengembangkan kemampuan siswa da-lam melakukan penyelidikan sederhana (2) menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan lembar kerja kelompok (LKK) dengan matang dan (3) sabar membimbing siswa dalam pembelajaran yang menggunakan pendekatan In-kuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104870

Actions (login required)

View Item View Item