Penggunaan disiplin positif oleh pendidik di tempat penitipan anak Amanah Bunda Kota Malang / Chanifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan disiplin positif oleh pendidik di tempat penitipan anak Amanah Bunda Kota Malang / Chanifah

Chanifah (2013) Penggunaan disiplin positif oleh pendidik di tempat penitipan anak Amanah Bunda Kota Malang / Chanifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Chanifah. 2013. Penggunaan Disiplin Positif oleh Pendidik di Tempat Penitipan Anak Amanah Bunda Kota Malang Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi M. Hum (II) Wuri Astuti S. Pd. Kata Kunci disiplin positif pendidik TPA Disiplin positif merupakan alat pengendalian tingkah laku anak yang mengajarkan kecakapan hidup dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman pendidik tentang disiplin positif pelaksanaan disiplin positif dan pengaruh disiplin positif bagi perkembangan anak di TPA Amanah Bunda. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa paparan perilaku anak dan pendidik dalam bentuk visual melalui teknik observasi dan bentuk penjelasan melalui teknik wawancara. Untuk menjaga keabsahan data diadakan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan pendidik menerapkan disiplin positif untuk kepentingan pengendalian perilaku anak pelaksanaan disiplin positif meliputi pengabaian perilaku negatif mengingatkan peraturan yang berlaku ketika anak melakukan perilaku yang tidak diharapkan memberi kesempatan anak untuk belajar menyelesaikan masalah dan mengajak anak berdiskusi tentang perilaku atau keputusan yang dilakukan dan disiplin positif yang dilaksanakan berpengaruh terhadap perkembangan perilaku anak. Kesimpulan yang diperoleh antara lain (1) pendidik menerapkan disiplin positif untuk kepentingan pengendalian perilaku anak (2) pelaksanaan disiplin positif berdasarkan pemahaman yang berpusat pada anak dan (3) disiplin positif berpengaruh bagi perkembangan perilaku anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104868

Actions (login required)

View Item View Item