Penerapan reinforcement untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran di kelas IIIA SDN Bareng 3 Malang / Ahmad Dani Tanthowi Al Jauhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan reinforcement untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran di kelas IIIA SDN Bareng 3 Malang / Ahmad Dani Tanthowi Al Jauhari

Jauhari, Ahmad Dani Tanthowi Al (2013) Penerapan reinforcement untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran di kelas IIIA SDN Bareng 3 Malang / Ahmad Dani Tanthowi Al Jauhari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Al Jauhari A. D. Tanthowi. 2013. Penerapan Reinforcement untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran di Kelas IIIA SDN Bareng 3 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd (2) Drs. H. Imam Nawawi M.Si. Kata Kunci reinforcement Aktivitas Belajar Siswa 12288 12288 12288 Penerapan reinforcement dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan reinforcement dalam pembelajaran di kelas serta peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan reinforcement. Aktivitas belajar yang dimaksud adalah bertanya menjawab berpendapat mengerjakan tugas serta mengumpulkan tugas tepat waktu. Reinforcement yang digunakan adalah non-verbal reinforcement berupa token dalam bentuk stiker. 12288 12288 12288 Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIA SDN Bareng 3 Malang. Data diperoleh dari kegiatan observasi wawancara serta dokumentasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 Hasil penelitian berdasarkan analisis data diketahui bahwa aktifitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I yang menunjukkan rata-rata keaktifan mencapai 80 35% meningkat hingga 92 85% pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada kemauan siswa dalam mengumpulkan tugas yang telah diberikan guru. Hal tersebut dapat dilihat dari pertemuan terakhir siklus II yang menunjukkan 31 dari 33 siswa mengumpulkan tepat waktu itu berarti 93 93% siswa yang mengumpulkan tugas sesuai waktu yang ditentukan. 12288 12288 12288 Pembahasan penelitian ini menunjukkan deskripsi penerapan reinforcement dalam pembelajaran di kelas IIIA SDN Bareng 3 Malang serta deskripsi peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan reinforcement dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan reinforcement dalam pembelajaran di kelas IIIA SDN Bareng 3 Malang dapat berjalan dengan baik serta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan tercapainya indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan. Saran yang diberikan peneliti yakni tentukan reinforces yang sesuai dengan minat dan kondisi kelas rencanakan dengan matang waktu atau jadwal pemberian reinforcement agar efektif hasilnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104866

Actions (login required)

View Item View Item