Pembelajaran teori Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sifat bangun ruang di kelas V MI Nurul Ulum Nguling / Ayok Priyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran teori Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sifat bangun ruang di kelas V MI Nurul Ulum Nguling / Ayok Priyanto

Priyanto, Ayok (2013) Pembelajaran teori Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sifat bangun ruang di kelas V MI Nurul Ulum Nguling / Ayok Priyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Priyanto Ayok. 2013. Pembelajaran Teori Van Hiele Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Sifat Bangun Ruang di Kelas V MI Nurul Ulum Nguling. Skripsi Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini M.Pd (II) Drs. Goenawan Roebyanto S.Pd M.Pd. Kata Kunci Geometri Teori Van Hiele Sifat-sifat bangun ruang. 12288 12288 12288 12288 Dalam melaksanakan pembelajaran matematika hendaknya memahami teori belajar matematika agar dapat menentukan pendekatan yang tepat sehngga pembelajaran menjadi efektif bermakna dan menyenangkan. Oleh karena itu peneliti menerapkan teori Van Hiele untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sifat bangun ruang di kelas V MI Nurul Ulum Nguling. Penelitian ini diawali dengan memberikan study pendahuluan. Tes tersebut diikuti oleh semua siswa kelas V dengan nilai rata-rata kelas 52.8. dari 18 siswa 4 siswa mengalami ketuntasan dan 14 belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini menunjukkan bahwa perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang penerapan teori Van Hiele dalam pembelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V MI Nurul Ulum Nguling (2) mendeskripsikan keberhasilan teori Van Hiele dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun ruang di kelas V MI Nurul Ulum Nguling. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Pada siklus I hasil kemampuan guru dalam penerapan teori Van Hiele 83 3% dengan kategori baik hasil aktivitas siswa dalam penerapan teori Van Hiele 82 1% dengan kriteria tingkat keberhasilan baik hasil belajar siswa setelah penerapan toeri Van Hiele menunjukkan rata-rata kelas 73 9. Pada siklus II hasil kemampuan guru dalam penerapan teori Van Hiele 91 6% dengan kategori baik hasil aktivitas siswa dalam penerapan teori Van Hiele 88 8% dengan kriteria tingkat keberhasilan baik hasil belajar siswa setelah penerapan toeri Van Hiele menunjukkan rata-rata kelas 81 1. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil di atas disarankan bahwa penerapan teori Van Hiele perlu dilanjutkan terutama dalam mempelajari geometri. Bagi peneliti lain penerapan teori Van Hiele dapat dikembangkan lagi pada materi yang lain dalam matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104860

Actions (login required)

View Item View Item