Penerapan teknik mind mapping (pemetaan pikiran) untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas V di SDN Penanggungan Malang / Mardiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik mind mapping (pemetaan pikiran) untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas V di SDN Penanggungan Malang / Mardiyanti

Mardiyanti (2013) Penerapan teknik mind mapping (pemetaan pikiran) untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas V di SDN Penanggungan Malang / Mardiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mardiyanti. 2013. Penerapan Teknik Mind Mapping (Pemetaan Pemikiran) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas V SDN Penanggungan Malang. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ratna Trieka Agustina M.Pd (II) Muh. Arafik S.Pd. M.Pd Kata Kunci Teknik Mind Mapping Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar banyak mengalami permasalahan. Berdasarkan hasil observasi di SDN Penanggungan Malang ditemukan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris kelas V khususnya aspek keterampilan berbicara guru masih menggunakan metode konvensional dan pembelajaran terkesan teacher center learning. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menawarkan penerapan teknik Mind Mapping (Pemetaan pikiran) untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas V SDN Penanggungan Malang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan teknik Mind Mapping pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V SDN Penanggungan Malang. Mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan berbicara melalui teknik Mind Mapping yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan teknik Mind Mapping siswa kelas V SDN Penanggungan Malang. Penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Penanggungan Malang sebanyak 36 siswa. PTK ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan hasil perform test siswa. Pada penelitian ini dimulai dari siswa menyimak isi rekaman video dan naskah cerita yang dibacakan oleh guru. Kemudian siswa memperhatikan penjelasan guru mengenai langkah-langkah membuat Mind Mapping. Selanjutnya masing-masing siswa diberi kesempatan untuk melakukan tes performa di depan kelas. Setelah diberikan siklus I rata-rata hasil tes performa meningkat menjadi 75 55 namun 22 siswa (61 11%) yang belum mencapai nilai diatas rata-rata. Sehingga peneliti melanjutkan untuk memberikan tindakan pada siklus II dan diperoleh rata-rata hasil tes performa 76 25. Proses pembelajaran keterampilan berbicara melalui teknik Mind Mapping terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Siswa menjadi berantusias dalam belajar dengan menggunakan materi yang bervariasi siswa menjadi tidak bosan. Saran bagi guru Mind Mapping dapat digunakan untuk menyederhanakan pola pikir siswa mengenai materi pembelajaran. Saran bagi sekolah media elektronik berupa LCD proyektor Laptop TV sebaiknya diadakan untuk menunjang pembelajaran yang inovatif kreatif dan modern.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104859

Actions (login required)

View Item View Item