Peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks berbahasa Jawa melalui media komik pada siswa kelas V SDN Kedungwangi I Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan / Fajar Isnin Triatmanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks berbahasa Jawa melalui media komik pada siswa kelas V SDN Kedungwangi I Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan / Fajar Isnin Triatmanto

Triatmanto, Fajar Isnin (2013) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks berbahasa Jawa melalui media komik pada siswa kelas V SDN Kedungwangi I Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan / Fajar Isnin Triatmanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Triatmanto Fajar Isnin. 2013. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berbahasa Jawa Melalui Media Komik Pada Siswa Kelas V SDN Kedungwangi I Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Rumidjan M.Pd (II) Muh. Arafik S.Pd M.Pd. Kata Kunci Media Komik Prestasi Belajar Bahasa Jawa Sekolah Dasar Bahasa Jawa adalah mata pelajaran wajib bagi seluruh jenjang kependidikan dasar dan menengah di wilayah provinsi Jawa Timur. Observasi awal pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas V SDN Kedungwangi I menunjukkan prestasi belajar Bahasa Jawa siswa relatif rendah yaitu dari 21 siswa 15 siswa atau 72.42% memiliki nilai rata rata kurang dari SKM 6 siswa atau 28.58% memiliki nilai memenuhi SKM. Rendahnya prestasi belajar siswa kelas V di Kedungwangi I Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan ini karena guru belum memanfaatkan media yang sesuai serta menarik bagi siswa untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga menyebabkan siswa sulit memahami materi yang disampaikan serta aktifitas siswa dalam pembelajaran cenderung bersifat pasif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran Bahasa Jawa ragam membaca pemahaman teks berbahasa Jawa pada siswa kelas V SDN Kedungwangi I dengan menggunakan media komik (2) mendeskripsikan penggunaan media komik dalam pembelajaran Bahasa Jawa ragam membaca pemahaman teks berbahasa Jawa pada siswa kelas V SDN Kedungwangi I (3) memaparkan peningkatan hasil pembelajaran Bahasa Jawa ragam membaca pemahaman teks berbahasa Jawa pada siswa kelas V SDN Kedungwangi I dengan menggunakan media komik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model penelitian guru sebagai peneliti yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa Kelas V SDN Kedungwangi I. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan tahap (1) Reduksi data (2) Pemaparan data (3) Penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media komik dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi pokok memahami isi bacaan teks berbahasa Jawa pada kelas V SDN Kedungwangi I dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang meliputi aspek keberanian kerjasama keaktifan dan ketepatan jawaban pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pemanfaatan media komik dalam pembelajaran Bahasa Jawa materi pokok memahami isi bacaan teks berbahasa Jawa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Kedungwangi I. Peneliti juga menyarankan untuk dilaksanakan penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian yang sudah dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Jawa kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104858

Actions (login required)

View Item View Item