Peningkatan kemampuan siswa menulis deskripsi melalui model quantum teaching di kelas IV SD Negeri Dayu 01 Kabupaten Blitar / Rifka Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan siswa menulis deskripsi melalui model quantum teaching di kelas IV SD Negeri Dayu 01 Kabupaten Blitar / Rifka Wijayanti

Wijayanti, Rifka (2013) Peningkatan kemampuan siswa menulis deskripsi melalui model quantum teaching di kelas IV SD Negeri Dayu 01 Kabupaten Blitar / Rifka Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijayanti Rifka. 2012. Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Deskripsi Melalui Model Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri Dayu 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd Kata kunci menulis deskripsi quantum teaching 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi pratindakan pembelajaran yang berlangsung kurang dapat melatih siswa dalam mengembangkan keterampilan menulis. Guru cenderung lebih dominan pada pembelajaran dan kurang menekankan pada penerapan keterampilan menulis sehingga sebagian besar siswa kurang aktif dan akibatnya kesulitan saat pembelajaran menulis deskripsi. Hal ini mengakibatkan 88 23 % siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Berdasarkan hal tersebut maka perlu diadakan penelitian untuk mengatasinya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan model Quantum Teaching untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri Dayu 01 Kabupaten Blitar dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui model Quantum Teaching pada siswa kelas IV SD Negeri Dayu 01 Kabupaten Blitar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model kolaboratif menggunakan acuan model siklus PTK. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi catatan lapangan tes lisan dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman observasi dan soal tes. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis melalui model Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri Dayu 01 Kabupaten Blitar . Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 56 siklus I 63 dan siklus II 79. Ketuntasan belajar pada pratindakan sebesar 11 76% siklus I sebesar 17 65% dan siklus II 82 36%. Pembelajaran menulis dengan menggunakan model Quantum Teaching menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam menulis deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa guru dapat melaksanakan pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104857

Actions (login required)

View Item View Item