Peningkatan kemampuan berbicara melalui model learning community kelas V di SDN Sumberasri 03 Kabupaten Blitar / Dedi Samuel - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbicara melalui model learning community kelas V di SDN Sumberasri 03 Kabupaten Blitar / Dedi Samuel

Samuel, Dedi (2013) Peningkatan kemampuan berbicara melalui model learning community kelas V di SDN Sumberasri 03 Kabupaten Blitar / Dedi Samuel. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Samuel Dedi. 2012. Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Model Learning Community Kelas V di SDN Sumberasri 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan KSDP S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs H. Suhel Madyono S.Pd. M.Pd. (II) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci Kemampuan berbicara Masyarakat Belajar 12288 12288 12288 12288 Setiap manusia dituntut terampil berkomunikasi terampil menyatakan pikiran gagasan ide dan perasaan. Terampil menangkap informasi-informasi yang didapat dan terampil pula menyampaiakan informasi-informasi yang diterimanya. Kehidupan manusia setiap hari dihadapkan dalam berbagai kegiatan yang menuntut keterampilan berbicara. Secara umum berbicara dapat diartikan menyampaikan maksud kepada orang lain dengan menggunakan lisan yang mudah untuk dimengerti orang lain sehingga perlu diadakannya model masyarakat belajar yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbicara. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) Proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan model masyarakat belajar yang dilaksanakan di SDN Sumberasri 03 Kabupaten Blitar (2) Peningkatan kelancaran dan keruntutan berbicara peserta didik melalui model masyarakat belajar di SDN Sumbersri 03 Kabupaten Blitar. 12288 12288 12288 12288 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan desain penelitiannya adalah PTK. Model penelitian ini adalah kolaboratif maksudnya yaitu peneliti bertindak sebagai pelaksana sekaligus pengamat dalam kegiatan belajar mengajar yang dibantu oleh guru kelas V sebagai observer. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian yang dilakukan yaitu penerapan model masyarakat belajar pada tiap siklus dengan persentase yang bervariasi. Pada siklus I pertemuan I mendapat persentase ketuntasan sebesar 34 78% dengan kriteria buruk pada pertemuan II mendapat persentase sebesar 47 82% dengan kriteria kurang baik. Pada siklus II pertemuan I mendapat persentase sebesar 78 26% dengan kriteria baik pada pertemuan II mendapat persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat baik 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan hasil kemampuan berbicara siswa dengan model masyarakat belajar pada siswa kelas V mengalami peningkatan. 12288 12288 12288 12288 Kesimpulan dari penelitian ini yakni ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan kemampuan berbicara yaitu (1) Dalam melaksanakan pembelajaran guru diharapkan menggunakan cara berkelompok dan berdiskusi sehingga siswa tanpa segan mengungkapkan yang di perolahnya dari pembelajaran tersebut. (2) guru harus bisa membagi kelompok tersebut sesuai dengan kemampuannya jangan sampai anak yang memiliki rata-rata baik dijadikan 1 kelompok. Pembagian kelompok harus merata kemampuannya sehingga semua anak dapat memperoleh informasi yang mereka ingin ketahui.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104856

Actions (login required)

View Item View Item