Wicaksana, Samodra (2013) Problematika pembelajaran membaca peta buta pada siswa kelas V SD Madyopuro 4 Kota Malang / Samodra Wicaksana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wicaksana Samodra. 2013. Problematika Pembelajaran Membaca Peta Buta Pada Siswa Kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang. Skripsi Program Studi S-1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. M. Imron Rosyadi H. Sy S. Pd M. Pd (II) Muchtar S. Pd M. Si. Kata Kunci Problematika Membaca Peta Buta. Peta merupakan konsep round earth on the flat paper dalam pelajaran IPS. Karena itu mengajarkan dan mempelajari geografi tanpa peta tidak akan membentuk citra dan konsep yang baik pada diri siswa. Fakta yang terjadi di SDN Madyopuro 4 masih jauh dari harapan yang diinginkan. Guru menggunakan media seadanya dan kurang mengaktifkan siswanya. Selain itu guru masih menggunakan metode ceramah yang monoton dan membosankan sehingga berdampak buruk pada hasil belajar siswa yang rendah. Mengingat betapa pentingnya media dan metode yang diberikan guru dalam membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran yang disajikan maka sudah selayaknya para pengajar berupaya meningkatkan kompetensinya dalam menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Kehadiran peneliti sebagai pengamat penuh lokasi penelitian berada di Kelas V SDN Madyopuro 4 Kota Malang. Sumber data yang diteliti adalah kegiatan guru dan siswa. Sesuai dengan rancangan penelitian terdapat tiga instrumen pokok yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu daftar observasi dokumentasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran membaca peta buta kelas V SDN Madyopuro 4 guru kurang dapat memahami konsep dasar yang harus dikuasai dalam pembelajaran membaca peta oleh sebab itu pada pengamatan yang dilakukan melalui observasi dan wawancara terdapat problematika yang dihadapi guru maupun siswa dalam pembelajaran membaca peta buta. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan 1) Pada Proses pembelajaran membaca peta buta pada siswa kelas V SDN Madyopuro 4 kurang maksimal hal ini dapat diketahui pada saat pembelajaran materi menghafal letak provinsi serta pembagian wilayah waktu di Indonesia guru kurang dapat mengeksplor penggunaan media peta Indonesia maupun peta buta Indonesia. Selain itu guru juga kurang dapat lebih menekankan pemahaman siswa dalam menggunakan peta bukan hanya menghafal letak provinsi yang tepat tetapi memahami letak geografis berdasarkan garis lintang dan garis bujur suatu wilayah. 2) Problematika yang dialami siswa saat pembelajaran membaca peta buta yaitu kemampuan siswa kurang dalam menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan peta karena siswa kurang memahami dan menghafal letak provinsi di peta buta . 3) Problematika yang dialami guru adalah media peta buta sangat jarang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran karena dirasa sangat sulit dipahami oleh siswa pada saat siswa menyelesaikan soal yang berhubungan dengan peta buta guru tidak merefleksi maupun mengoreksi kesalahan siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |