Analisis buku teks IPA kelas IV se-gugus 03 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan / Ervin Astriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis buku teks IPA kelas IV se-gugus 03 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan / Ervin Astriyani

Astriyani, Ervin (2013) Analisis buku teks IPA kelas IV se-gugus 03 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan / Ervin Astriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astriyani Ervin. 2013. Analisis Buku Teks IPA Kelas IV Se Gugus 03 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M.Pd (II) Drs.Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci Analisis Buku teks IPA SD Kelas IV 12288 12288 12288 12288 Buku teks yang baik haruslah menarik dan mampu merangsang minat siswa untuk termotivasi belajar. Pemilihan buku teks sangat penting berkaitan dengan kualitas dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Berdasarkan hasil angket yang disebar pada guru kelas IV SD se gugus 03 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan yang menggunakan buku teks IPA karangan Budi Wahyono dan Jelajah IPA karangan Rosa Kemala menyatakan bahwa masih ditemukan buku teks yang isi materinya belum sesuai dengan kurikulum menggunakan gambar ilustrasi yang kurang jelas karena menggunakan gambar yang tidak berwarna dan tidak sesuai dengan materi serta soal evaluasi yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kesesuian materi buku teks dengan kurikulum 2006 ketepatan konsep kesesuaian gambar ilustrasi dengan materi dan soal evaluasi yang terdapat pada buku teks IPA kelas IV SD. 12288 12288 12288 12288 Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif. Karena pada penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi penting untuk diteliti dari data-data yang berupa kata-kata tertulis atau deskriptif khususnya tentang kesesuaian materi dengan kurikulum ketepatan konsep penyajian gambar ilustrasi dengan materi dan evaluasi yang terdapat pada buku teks IPA kelas IV. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian materi dengan kurikulum untuk relevansi tergolong tinggi (94 5%) dan kecukupan tergolong tinggi (87 5%). Ketepatan pada konsep materinya tergolong tinggi (91%) dan terdapat konsep yang kurang tepat tergolong rendah (9%) yaitu 4 5% kesalahan pada konsep pengertian dan 4 5% kesalahan pada konsep contoh. Kesesuaian gambar ilustrasi dengan materi tergolong tinggi (100%) gambar ilustrasi yang berwarna tergolong sangat rendah (0%) dan gambar ilustrasi yang jelas tergolong tinggi (85%). Soal evaluasi lebih didominasi soal evaluasi dengan aspek kognitif pada tingkatan C1 C2 dan C3. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan kedua buku yang dianalisis sesuai dengan kurikulum tergolong tinggi konsep materi yang disampaikan sebagian besar sudah menujukkan konsep yang tepat gambar ilustrasi sebagian besar telah sesuai dengan materi yang dapat diketegorikan tinggi sebagian besar ilustrasi gambarnya tidak berwarna dan kejelasan gambar ilustrasi tergolong tinggi soal evaluasi lebih banyak didominasi soal evaluasi dengan aspek kognitif pada tingkatan C1 C2 dan C3 pada aspek C4 C5 dan C6 masih tergolong sangat rendah. Disarankan bagi guru dan pengguna buku untuk lebih teliti dalam memilih buku teks dan tidak hanya menggunakan satu buku teks saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104851

Actions (login required)

View Item View Item