Penerapan model Roating Trio Exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VI SDN Purwantoro 6 Malang / Cahyaning Rahmi Sudibyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Roating Trio Exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VI SDN Purwantoro 6 Malang / Cahyaning Rahmi Sudibyo

Sudibyo, Cahyaning Rahmi (2013) Penerapan model Roating Trio Exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VI SDN Purwantoro 6 Malang / Cahyaning Rahmi Sudibyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sudibyo Cahyaning Rahmi. 2012. Penerapan Model Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VI SDN Purwantoro 6 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M. Si (II) Drs. M. Imron Rosyadi S.Pd M.Pd. Kata Kunci Model Rotating Trio Exchange Hasil Belajar IPS 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 3 dan 4 Oktober 2011 di kelas VI SDN Purwantoro 6 Malang diperoleh temuan bahwa pembelajaran masih belum menggunakan model pembelajaran serta belum memanfatkan sarana yang tersedia di sekolah secara maksimal. Sehingga pembelajaran cenderung menjadi membosankan dan materi yang disampaikan oleh guru menjadi kurang mudah untuk ditangkap peserta didik. Dari nilai UTS rata-rata kelas yang didapat yaitu 42 yang menunjukan bahwa tidak ada satu pun peserta didik yang tuntas sesuai dengan KKM yaitu 71. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aktivitas belajar IPS dan hasil belajar IPS Peserta Didik Kelas VI SDN Purwantoro 6 Malang yang menggunakan model Rotating Trio Exchange. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV yang berjumlah 33 orang. 12288 12288 12288 12288 Rotating Trio Exchange adalah suatu model pembelajaran dengan tiga peserta didik setiap kelompoknya yang nantinya akan berputar untuk bertukar anggota kelompok. Model pembelajaran ini melibatkan peserta didik untuk selalu aktif dengan cara membagi kelas menjadi kelompok-kelompok yang heterogen. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu kualitatif dengan rancangan penelitiannya Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu lembar observasi penyusunan RPP lembar observasi pelaksanaan pembelajaran lembar observasi aktivitas peserta didik dan soal evaluasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Rotating Trio Exchange pada peserta didik kelas VI SDN Purwantoro 6 Malang dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal tersebut ditunjukkan dengan aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 73 25% meningkat pada siklus II menjadi 96 3%. Hasil belajar juga meningkat dari siklus I dengan rata-rata 72 14 dengan ketuntasan kelas mencapai 57 6% meningkat pada siklus II dengan rata-rata 75 77 dengan ketuntasan kelas mencapai 69 7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Sehingga model ini dapat diterapkan oleh guru kelas IV-VI sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan komunikasi dan suasana yang menyenangkan bagi peserta didik serta sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah terutama pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104850

Actions (login required)

View Item View Item