Persepsi guru terhadap lembar kegiatan siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar se-kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Nina Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru terhadap lembar kegiatan siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar se-kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Nina Rosidah

Rosidah, Nina (2013) Persepsi guru terhadap lembar kegiatan siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar se-kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Nina Rosidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rosidah Nina. 2013. Persepsi Guru terhadap Lembar Kegiatan Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar se-Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd Kata Kunci persepsi guru Lembar Kegiatan Siswa Pembelajaran IPA Kecamatan Pakis 12288 12288 12288 12288 LKS merupakan salah satu sarana untuk membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar agar terbentuk interaksi yang efektif antara siswa dengan guru. LKS yang baik dalam pembelajaran IPA adalah LKS yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan proses sikap ilmiah dan minat siswa terhadap alam sekitar. Oleh karena itu dalam pembuatan LKS harus memperhatikan 3 syarat yang meliputi syarat didaktik konstruksi dan teknis. Namun berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa persepsi beberapa guru di salah satu sekolah di Kecamatan Pakis memiliki persepsi bahwa LKS berbentuk buku dan berisi ringkasan materi dan soal-soal. Dengan demikian LKS dianggap sebagai alat ukur kognitif siswa selama pembelajaran. Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan penelitian lebih luas tentang persepsi guru terhadap LKS dalam pembelajaran IPA. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Pakis terhadap LKS yang digunakan dalam pembelajaran IPA ditinjau dari syarat didaktik konstruksi dan teknis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan refleksi bagi para guru sehingga guru dapat meningkatkan kemampuannnya dalam menyusun LKS. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah 68 guru kelas yang tersebar di 34 SD di Kecamatan Pakis. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket terbuka dan semi terbuka. Kegiatan analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil temuan dapat dinyatakan bahwa (1) persepsi guru terhadap syarat didaktik penulisan LKS termasuk dalam kategori baik (2) persepsi guru terhadap syarat konstruksi penulisan LKS termasuk dalam kategori baik (3) persepsi guru terhadap syarat teknis penulisan LKS termasuk dalam kategori sangat baik (4) persepsi guru terhadap penggunaan LKS dalam pembelajaran di SD termasuk dalam kategori kurang baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa guru memiliki persepsi yang baik terhadap syarat penulisan LKS. Akan tetapi hal tersebut berbanding terbalik dengan persepsi yang dimiliki guru terhadap penggunaan LKS yang masih kurang baik. Oleh karena itu agar LKS dapat digunakan secara lebih efektif disarankan agar guru dapat menyusun LKS dengan memperhatikan syarat-syarat penulisan LKS yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104849

Actions (login required)

View Item View Item