Wiyono, Manggarani Raras Eko (2013) Peningkatan kemampuan siswa kelas VI mengaplikasikan konsep IPA melalui model inkuiri terbimbing di SDN I Mirigambar Kabupaten Tulungagung / Manggarani Raras Eko Wiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Wiyono Manggarani Raras Eko. 2013. Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas VI Mengaplikasikan Konsep IPA Melalui Model Inkuiri Terbimbing di SDN I Mirigambar Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Wasih DS. M.Pd (II) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. Kata kunci pembelajaran IPA inkuiri terbimbing kemampuan mengaplikasikan Konsep IPA Permasalahan pembelajaran yang nampak pada saat observasi pendahulu-an di kelas VI SDN I Mirigambar adalah berupa rendahnya proses dan hasil belajar IPA. Pembelajaran yang terjadi mengacu pada proses belajar yang berupa transfer ilmu dari guru kepada siswa dan pembelajaran yang berpusat pada guru. Rendahnya hasil belajar siswa tampak dari adanya 55% siswa kelas VI mencapai nilai di bawah KKM. Selain itu hasil belajar yang didapat hanya merupakan hasil belajar aspek kognitif khususnya mengukur kemampuan kognitif yang berupa kemampuan mengingat. Hal tersebut merupakan masalah penting yang harus segera diatasi. Berkenaan dengan masalah tersebut maka perlu dilakukan upaya perbaikan melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan (1) pelak-sanaan pembelajaran IPA kelas VI pada tahap pra tindakan (2) kemampuan siswa kelas VI mengaplikasikan konsep IPA dalam pembelajaran IPA pada tahap pra tindakan (3) pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model inkuiri terbimbing (4) kemampuan siswa kelas VI mengaplikasikan konsep IPA dalam pembelajaran IPA melalui model inkuiri terbimbing pada tiap siklus dan (5) pe-ningkatan kemampuan siswa kelas VI mengaplikasikan konsep IPA dalam pem-belajaran IPA melalui model inkuiri terbimbing. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis ran-cangan penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Model PTK yang di-pilih adalah model Kemmis dan Taggart dimana terdapat empat tahapan pada tiap siklusnya. Keempat tahapan tersebut yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan/observasi (4) refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Sumber data penelitian adalah siswa kelas VI-B SDN I Mirigambar yang terdiri atas 20 siswa dan guru mitra yang merupakan guru kelas VI-B. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis data kualitatif yang meliputi tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesim-pulan. Target pencapaain keberhasilan penelitian adalah jika skor pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep IPA men-capai skor 75 dengan kriteria baik. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari kriteria cukup baik pada tahap pra tindakan menjadi kriteria sangat baik pada akhir siklus II (2) kemampuan siswa mengaplikasikan konsep IPA mengalami peningkatan dari kriteria cukup baik pada tahap pra tin-dakan menjadi kriteria baik pada akhir siklus II (3) sebagai temuan tambahan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kriteria cukup baik pada tahap pra tindakan menjadi kriteria baik pada akhir siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran inkuiri terbim-bing dapat meningkatkan kemampuan siswa mengaplikasikan konsep dari pra tindakan sampai akhir siklus II dengan peningkatan sebesar 22 5 poin (2) pe-ningkatan pelaksanaan pembelajaran dari pra tindakan sampai akhir siklus II adalah sebesar 43 9 poin (3) peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai akhir siklus II adalah sebesar 26 5 poin (4) pelaksanaan model inkuiri terbimbing yang sangat baik dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI dalam mengaplikasikan konsep mencapai kategori baik. Saran yang dapat disampaikan berkaitan dengan penelitian ini adalah (1) kepada guru pada umunya dan guru mitra khususnya disarankan untuk menggu-nakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep IPA dan hasil belajar IPA (2) disarankan kepada guru yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melakukan persiapan yang matang berkaitan dengan materi pembelajaran dan lembar kerja yang akan dibelajarkan kepada siswa sehingga pelaksanaanya dapat berjalan secara lancar efisien dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran (3) disarankan kepada pihak sekolah hendaknya memberikan fasilitas yang diperlukan untuk melaksanakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sehingga pembelajaran akan lebih bervariasi serta memberikan kebebasan dan kewenangan bagi guru untuk melakukan berbagai macam model pembelajaran untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal sesuai dengan kompetensi yang hendak dicapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |