Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang / Lebi Candra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang / Lebi Candra

Candra, Lebi (2013) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang / Lebi Candra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Candra Lebi. 2013. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa mata pelajaran IPS di Kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Ruminiati M.Si (II) Drs. Toha Mashudi S.Pd M.Pd. Kata Kunci Penerapan Problem Based Learning Aktivitas Belajar Siswa Hasil Belajar Siswa Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran yang dilaksanakan bersifat konvensional dengan ceramah dan penugasan. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum menunjukkan siswa aktif. Hasilbelajar siswa yang dilihat dari nilai ulangan harian siswa masih dibawah KKM sekolah yaitu 70. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran Problem Based Learning penerapan model Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang serta penerapan Problem Based Learning untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa padas tiapa siklusnya. Pada siklus I aktiviitas belajar siswa mencapai 74 6. Pada siklus II meningkat menjadi 88 01. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tiap siklusnya. Hasil belajar pada siklus menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan hasil pra tindakan. Hasil belajar siswa pada pratindakan mencapai 42 9%. Pada siklus I pertemuan 1 adalah 48 6% pada pertemuan 2 meningkat menjadi 74 3%. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan mencapai 91 4%. Pembahasan penelitian ini dalam penerapan Problem Based Learning sudah sesuai dengan 5 langkah penerapan Problem Based Learning. Penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa sudah memenuhi komponen-komponen penilaian aktivitas belajar siswa dimana aktivitas belajar siswa pada siklus II sudah mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 8805 80%. Penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa juga mencapai ketuntasan secara klasikal pada siklus II yaitu 8805 75%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas IVB SDN Bareng 3 Kota Malang. Disarankan penerapan Problem Based Learning bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran hendaknya lebih memperhatikan langkah-langkah model Problem Based Learning Penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan aktivitas siswa sebaiknya dalam diskusi kelompok guru juga membimbing dalam penyelidikan penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebaiknya menggunakan materi yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104841

Actions (login required)

View Item View Item