Pemanfaatan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Panggungrejo I Blitar / Yeni Arista - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Panggungrejo I Blitar / Yeni Arista

Arista, Yeni (2013) Pemanfaatan lingkungan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Panggungrejo I Blitar / Yeni Arista. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arista Yeni. 2013. Pemanfaatan Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Menulis Deskripsi Siswa Kelas V SDN Panggungrejo I Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi S1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. Rumidjan S.Pd. M.Pd. (2) Muhammad Arafik S.Pd. M.Pd. Kata Kunci lingkungan menulis deskripsi keterampilan menulis. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini di dasarkan pada hasil observasi pembelajaran bahasa Indonesia materi deskripsi di SDN Panggungrejo I Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar masih berpusat pada guru dan lebih sering menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah tanpa bantuan media konkrit yang berkaitan dengan materi tersebut. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemanfaatan lingkungan siswa kelas V SDN Panggungrejo I Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar dalam pembelajaran menulis deskripsi dan peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Panggungrejo I Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar setelah dibelajarkan dengan pemanfaatan lingkungan. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dirancang dalam 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Panggungrejo I sebanyak 20 anak. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi pedoman wawancara tes tulis catatan lapangan dan dokumentasi foto kegiatan. Analisis data penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Pemanfaatan lingkungan sekolah dalam pembelajaran menulis deskripsi adalah dengan (1) menentukan tema dan objek yang akan dideskripsikan (2) mengumpulkan ide atau bahan dengan mengamati objek yang dideskrpsikan (3) menyusun data-data yang diperoleh dari hasil pengamatan ke dalam kerangka tulisan (4) mengembangkan kerangka menjadi tulisan deskripsi yang sesuai dengan tema dan (5) memberi judul tulisan deskripsi. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SDN Panggungrejo I hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata pada siklus I 77 5 dengan persentase ketuntasan 70% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 83 5 dan persentase ketuntasan sebesar 90%. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian pemanfaatan lingkungan dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Disarankan kepada 1) Kepala sekolah diharapkan memberikan keleluasaan penggunaan fasilitas sekolah sebagai media pembelajaran selaras dengan signifikasi hasil yang dilakukan oleh peneliti. 2) Guru disarankan untuk lebih mengembangkan pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran terutama pada materi menulis deskripsi. 3) Peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan lingkungan untuk pembelajaran pada materi dan jenjang kelas yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104840

Actions (login required)

View Item View Item