Peningkatan kemampuan bercakap-cakap melalui media boneka pada siswa kelas III-A SDN Mulyorejo 3 Malang / Noviana Bella Donna - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan bercakap-cakap melalui media boneka pada siswa kelas III-A SDN Mulyorejo 3 Malang / Noviana Bella Donna

Donna, Noviana Bella (2013) Peningkatan kemampuan bercakap-cakap melalui media boneka pada siswa kelas III-A SDN Mulyorejo 3 Malang / Noviana Bella Donna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Donna Noviana Bella. 2013. Peningkatan Kemampuan Bercakap-cakap Melalui Media Boneka Pada Siswa Kelas III-A SDN Mulyorejo 3 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M. Sn (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S. Pd. M. Pd. Kata Kunci bercakap-cakap boneka Sekolah Dasar. Berdasarkan observasi saat pra tindakan ditemukan fakta bahwa guru belum menggunakan media yang mendukung kemampuan bercakap-cakap. Dari hasil observasi tersebut peneliti berfikir untuk perlu menggunakan sebuah media yang belum pernah digunakan sebelumnya yang dapat membangkitkan aktvitas siswa sehingga kemampuan bercakap-cakap meningkat. peneliti memutuskan menggunakan media boneka Dengan adanya penelitian ini peneliti ingin mengetahui hasil dari penggunaan media boneka dalam peningkatan kemampuan bercakap-cakap aktivitas belajar siswa saat pembelajaran bercakap-cakap menggunakan boneka dan kemampuan bercakap-cakap siswa dengan menggunakan media boneka. Penelitian ini menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas. Peneliti tidak dapat menentukan banyak siklus dalam penelitian ini namun penelitian akan diakhiri jika dirasa sudah ada peningkatan yang cukup dalam kemampuan bercakap-cakap siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Dari hasil pra tindakan diketahui bahwa keberhasilan kemampuan bercakap-cakap siswa sebesar 33% pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 90% dan pada siklus II mnegalami peningkatan kembali menjadi 97%. Kesimpulannya adalah (1) penggunaan boneka dapat meningkatkan kemampuan bercakap-cakap (2) aktivitas belajar siswa meningkat dan (3) kemampuan bercakap-cakap meningkat. Sarannya adalah (1) boneka yang digunakan sebaiknya bisa membuka mulut (2) peneliti lain diharapkan menggunkan media yang lebih tepat dalam peningkatan kemampuan bercakap-cakap (3) sebaiknya siswa dibagi dalam kelompok besar (4 orang siswa) untuk meningkatkan variasi yang di inginkan (4) sekolah sebaiknya menyediakan media yang dapat membangun aktivitas dan kreativitas siswa dan (5) guru sebaiknya meningkatkan kemampuan bercakap-cakap siswa dengan menggunakan boneka tangan pada tema menceritakan peristiwa penting

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104838

Actions (login required)

View Item View Item