Mufidah, Nikmatul (2013) Penerapan media ritatoon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDN Bumiayu 2 Malang / Nikmatul Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Mufidah Nikmatul. 2013. Penerapan Media Ritatoon untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Bumiayu 2 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Ruminiati M. Si (2) Hj. Dra. Murtiningsih S.Pd M.Pd. Kata Kunci media ritatoon aktivitas hasil belajar IPS SD 12288 12288 12288 12288 12288 Mata Pelajaran IPS SD adalah mata pelajaran yang terpadu dari sejarah geografi ekonomi dan sosiologi yang mengkaji seperangkat peristiwa fakta konsep dan generalisasi yang terkait dengan isu sosial. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada pelajaran IPS di kelas IV SDN Bumiayu 2 Malang diketahui bahwa (1) guru hanya menggunakan media buku paket (2) aktivitas belajar siswa masih rendah (3) hasil belajar siswa belum memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini dalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan media ritatoon untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS Kelas IV SDN Bumiayu 2 Kota Malang (2) peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan media ritatoon dalam mata pelajaran IPS Kelas IV SDN Bumiayu 2 Kota Malang (3) peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media ritatoon dalam mata pelajaran IPS Kelas IV SDN Bumiayu 2 Kota Malang. 12288 12288 12288 12288 Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bumiayu 2 dengan jumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas observasi dokumentasi dan tes. Penerapan media ritatoon terbukti berhasil dengan keberhasilan tindakan guru pada siklus I sebesar 95 12% pada siklus II 97 73%. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70 88% dan pada siklus II menjadi 85 20%. Sedangkan nilai rata-rata 74.73 pda siklus I dan 84 70 pada siklus II. Berdasarkan data permasalahan dan alternatif pemecahannya dalam pembelajaran IPS maka peneliti menyimpulkan bahwa (1) Penggunaan media ritatoon dalam pembelajaran IPS menjadi lebih menarik dan siswa menjadi lebih aktif (2) penerapan media ritatoon dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa (3) penerapan media ritatoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan kesimpulan penelitian disampaikan saran (1) diharapkan guru maupun peneliti lain dapat menggunakan media ritatoon pada mata pelajaran lainnya yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan (2) Guru terleih dahulu hendakya memahami karakteristik kondisi fisik maupun psikis siswa serta keadaan lingkungan belajar (3) Agar hasil belajar siswa dapat optimal maka disarankan hendaknya guru selalu merefleksi pembelajaran dan melakukan perbaikan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/104836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |