Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SDN Grati 2 Kabupaten Pasuruan / Aditya Rizky Pradana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SDN Grati 2 Kabupaten Pasuruan / Aditya Rizky Pradana

Pradana, Aditya Rizky (2013) Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SDN Grati 2 Kabupaten Pasuruan / Aditya Rizky Pradana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rizky Pradana Aditya. 2011. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V di SDN Grati 2 Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. FIP. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Ratna Trieka A. S.Pd M. Pd (2) Drs. M. Thoha AR M.Pd. Kata Kunci Pendekatan Kontekstual keterampilan menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia Proses pembelajaran Bahasa Indonesia menghendaki pengajaran yang memberikan kesempatan siswa untuk aktif dalam pembelajaran pengalaman langsung. Berdasarkan observasi pendahuluan yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran di kelas V SDN Grati 2 Kecamatan Gratitunon nilai menulis puisi sebelum diterapkannya pendekatan Kontekstual menunjukkan bahwa dari 27 siswa yang mendapatkan nilai dibawah Standart Ketuntasan Minimal sebanyak 70% dari seluruh jumlah siswa kelas V dan yang mampu mencapai standar minimal yang ditetapkan hanya 30% dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Ketercapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kurang begitu tampak. Serta penilaian terhadap proses belajar dalam menulis puisi sering diabaikan setidaknya-tidaknya kurang mendapat perhatian dibandingkan dengan penilian hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Kontekstual peningkatan keterampilan menulis setelah menggunakan pendekatan Kontekstual. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Adapun pendekatan penelitian yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 27 siswa kelas V SDN Grati 2 Kecamatan Gratitunon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Penilaian proses didapatkan dari keaktifan siswa dalam menulis sebuah puisi dan kerjasama siswa di dalam kegiatan kelompok. Penerapan pendekatan Kontekstual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis puisi bebas dengan penggunakan pilihan kata yang tepat berdasarkan pengalaman siswa kelas V SDN Grati 2 Kecamatan Gratitunon pada siklus I mengalami beberapa kendala baik dialami oleh guru maupun siswa. Akan tetapi pada pembelajaranya guru maupun siswa berusaha secara maksimal untuk memperbaiki dan meningkatkan cara penerapan pendekatan Kontekstual pada proses pembelajarannya. Penerapan pendekatan Kontekstual terhadap proses belajar siswa kelas V SDN Grati 2 Kecamatan Gratitunon dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis puisi bebas dengan penggunakan pilihan kata yang tepat berdasarkan pengalaman dapat meningkat dari siklus I sampai siklus II yaitu 70 37 pada siklus I dan 77 3 pada siklus II meningkat sebesar 6 93%. Dalam hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar akhir siswa secara klasikal juga terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 74 pada siklus I meningkat menjadi 83 37 pada siklus II meningkat sebesar 9 37%. Pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual ini mampu meningkat dengan baik. Apabila seorang peneliti lain ingin menerapkan model ini diharapkan bisa memperhatikan hal-hal atau kendala yang mempengaruhi pembelajaran tersebut. Dengan memotivasi guru untuk mengimplementasikan pembelajaran inovasi secara continue/ terus relevan seperti pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dan terus memotivasi siswa untuk terus aktif dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/104834

Actions (login required)

View Item View Item